Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilot F-16 AS Meleset Tembak UFO, Rudal Seharga Rp 6 Miliar "Nyasar"

Kompas.com - 15/02/2023, 12:31 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Seorang pilot jet tempur Amerika Serikat (AS) sempat meleset ketika meluncurkan rudal untuk menembak jatuh UFO (obyek terbang tak dikenal) di atas Danau Huron.

Rudal Sidewinder yang satu unitnya seharga 400.000 dollar AS (Rp 6 miliar) pun menyasar masuk danau.

AS kemudian mengakui bahwa jet tempur F-16 tersebut membutuhkan dua tembakan untuk menjatuhkan UFO di Danau Huron yang luas di perbatasan AS-Kanada, Minggu (12/2/2023).

Baca juga: AS Tembak UFO di Dekat Perbatasan Kanada, Insiden Keempat dalam Sebulan

"Kami menyadari bahwa rudal pertama yang ditembakkan, pada Minggu, meleset dan telah dilaporkan kepada kami bahwa itu langsung masuk ke danau," kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS John Kirby, dikutip dari kantor berita AFP.

Pihak berwenang saat ini menjelajahi daerah itu untuk mencari puing-puing target yang akhirnya hancur.

UFO tersebut adalah salah satu dari tiga benda udara tak dikenal yang dijatuhkan dalam waktu tiga hari.

Serentetan peristiwa yang belum pernah ada sebelumnya ini terjadi usai penjatuhan balon China yang lebih besar di atas pantai Atlantik pada 4 Februari 2023.

Washington mengatakan bahwa balon itu adalah bagian program mata-mata global China, tetapi Beijing bersikeras benda tersebut hanya mengumpulkan data cuaca.

Baca juga:

Rudal AIM-9X Sidewinder yang meleset tadi digambarkan oleh pabrikannya, Raytheon, sebagai rudal tiga fungsi yang dapat digunakan untuk pertempuran udara-ke-udara, serangan darat, dan misi peluncuran di darat.

Komandan tertinggi AS yaitu Ketua Kepala Staf Gabungan Jenderal Mark Milley menjelaskan, roket yang nyasar itu mendarat tanpa membahayakan di perairan Danau Huron.

Baca juga: Ketika Jet Tempur Canggih F-22 AS Sibuk Tembaki... Balon China di Langit

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com