Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rencana Pembukaan Kembali Penerbangan Internasional Davao–Manado Dibahas

Kompas.com - 13/02/2023, 22:29 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

DAVOA CITY, KOMPAS.com - KJRI Davao City telah bertemu dengan Perwakilan Maskapai Cebu Pacific Filipina guna membahas rencana pembukaan kembali penerbangan internasional sekaligus jalur BIMP-EAGA, Davao-Manado.

Dalam pertemuan, tim dari KJRI Davao City dipimpin oleh Konsul Jenderal RI Achmad Djtamiko. 

Sementara, dari pihak Cebu Pacific diwakili oleh Mr. Michael Ivan Shau yang menjabat sebagai Kepala Kerjasama Korporasi dan Atty. Leilani de Leon selaku Direktur Kerjasama Korporasi.

Baca juga: Filipina Tingkatkan Kehadiran Pasukan di Laut China Selatan demi Nelayan

Kedua belah pihak telah saling bertukar informasi penting yang dapat digunakan dalam mendorong pelaksanaan pembukaan kembali penerbangan langsung Davao–Manado.

Dari situ, KJRI Davao City akan berkomunikasi juga dengan seluruh pihak terkait, termasuk Pemerintah Pusat dan Pemprov Sulawesi Utara (Manado).

Michael Ivan dari Cebu Pacific berharap memperoleh dukungan dari Pemerintah Indonesia, khususnya Pemprov Sulawesi Utara dalam bentuk seperti pemberian insentif agar penerbangan dapat berjalan lancar.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com pada Senin (13/2/2023), dijelaskan bahwa Konjen RI Davao City menanggapi positif harapan dari Cebu Pacifik.

Dia pun menyampaikan komitmen siap mengomunikasikan segala hal terkait pembukaan kembali penerbangan internasional Davao–Manado, termasuk akan mendorong promosi pariwisata antar travel agencies.

Baca juga: Toko Furnitur Filipina Izinkan Beli Barang Pakai Bawang Merah

Dengan dibukanya kembali penerbangan itu, Manado akan dapat menjadi pintu utama bagi wisatawan mancanegara asal Filipina Selatan untuk masuk dan berwisata di seluruh wilayah di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com