Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengacara Keluarga Tyre Nichols Minta Reformasi Polisi AS, Singgung RUU George Floyd

Kompas.com - 30/01/2023, 20:34 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber Reuters

MEMPHIS, KOMPAS.com - Ben Crump, pengacara yang mewakili keluarga Tyre Nichols, pada Minggu (29/1/2023) meminta Kongres Amerika Serikat (AS) meloloskan rancangan undang-undang reformasi polisi.

"Memalukan bagi kami jika tidak menggunakan kematian tragisnya untuk akhirnya meloloskan George Floyd Justice in Policing Act," kata Crump kepada program State of the Union dari CNN.

Kelima polisi yang menewaskan Tyre Nichols dijadwalkan hadir untuk didakwa pada 17 Februari 2023 pukul 9 pagi setempat di depan hakim James Jones dari pengadilan kriminal Shelby County.

Baca juga: Video 5 Polisi Memphis AS Aniaya Tyre Nichols hingga Tewas Dirilis

Crump menambahkan, dia dan keluarga Nichols sudah berbicara dengan Presiden Joe Biden pada Jumat (27/1/2023) dan mendesaknya menggunakan kematian Nichols untuk menggalang dukungan bagi pengesahan undang-undang tersebut.

Ibu Nichols menghadapi kematian putranya dengan percaya dia ditakdirkan mengubah dunia, kata Crump di program This Week-nya ABC pada Minggu (29/1/2023).

"Dia percaya dalam hatinya, Tyre dikirim ke sini untuk suatu tugas dan akan ada kebaikan yang lebih besar yang datang dari tragedi ini," ujarnya, dikutip dari Reuters.

George Floyd Justice in Policing Act diperkenalkan pada 2021 setelah George Floyd tewas usai lehernya ditindih lutut polisi Minneapolis selama lebih dari sembilan menit. Kematiannya memicu protes di seluruh dunia atas ketidakadilan rasial.

RUU tersebut, yang bertujuan menghentikan taktik penegakan hukum agresif, disahkan oleh DPR AS yang dikendalikan Demokrat pada 2021 tetapi terhenti di Senat. Biden pada Kamis (26/1/2023) meminta Kongres mengirimkan undang-undang tersebut ke mejanya.

Baca juga:

Sebanyak lima didakwa dengan pembunuhan Tyre Nichols setelah video rekaman bodycams dan CCTV jalanan menunjukkan mereka dengan kasar membekuk Tyre Nichols pada 7 Januari 2023.

Tyre Nichols (29) dirawat di rumah sakit dan meninggal karena luka-lukanya tiga hari kemudian di kota tempat dia tinggal bersama ibu dan ayah tirinya, serta bekerja di FedEx.

Departemen Kepolisian Memphis pada Sabtu (28/1/2023) membubarkan unit SCORPION para petugas itu bekerja, seiring demo yang terjadi di kota-kota AS sehari setelah video Tyre Nichols viral.

Baca juga: Polisi AS Bubarkan Unit Scorpion Setelah Insiden Pemukulan Tyre Nichols

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com