Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Polemik Belakangan Ini, Polandia Akhirnya Akan Kirim Tank Leopard ke Ukraina

Kompas.com - 23/01/2023, 19:15 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

WARSAWA, KOMPAS.com – Perdana Menteri Polandia, Mateusz Morawiecki, mengatakan negaranya berencana mengirim tank Leopard ke Ukraina terlepas apakah Jerman setuju atau tidak.

Meski demikian, kata dia, Polandia akan tetap mencoba meminta izin lebih dulu kepada Jerman untuk pengiriman senjata bantuan bagi Ukraina tersebut.

"Kami akan meminta persetujuan ini," kata Morawiecki kepada wartawan pada Senin (23/1/2023).

Baca juga: Jerman Tidak Melarang Jika Polandia Kirim Tank ke Ukraina

Masalah pasokan tank Leopard 2 buatan Jerman ke Ukraina telah mendominasi menjadi diskusi baru-baru ini di antara sekutu Barat.

Jerman telah menghadapi tekanan yang semakin besar dari Ukraina untuk mengizinkannya memperoleh tank guna membantu melawan pasukan Rusia.

Polandia sendiri pernah mengumumkan bahwa mereka siap untuk mengirimkan 14 tank Leopard ke Kyiv, tetapi menunggu pernyataan yang jelas dari Berlin yang mengesahkan transfer tersebut.

Pada Minggu (22/1/2023), Menteri Luar Negeri Jerman, Annalena Baerbock, mengatakan kepada televisi LCI bahwa Jerman tidak akan menghalangi jika Polandia ingin mengirim tank ke Ukraina.

Sebagaimana dikutip dari AFP, pada Senin, PM Morawiecki menegaskan bahwa meski pada akhirnya Polandia tidak mendapatkan persetujuan dari Jerman, negaranya tetap akan memberikan tank ke Ukraina.

Baca juga: Latvia, Estonia, dan Lituania Desak Jerman Segera Kirim Tank ke Ukraina, Ini Pentingnya

"Kami tetap akan memberikan tank kami ke Ukraina, dalam koalisi kecil negara, bahkan jika Jerman tidak berada dalam koalisi itu," ucap PM Polandia Mateusz Morawiecki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com