Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Populasi China Turun Hingga 850.000 Jiwa, Pertama Kali Setelah 60 Tahun

Kompas.com - 17/01/2023, 15:10 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Guardian

BEIJING, KOMPAS.com - China telah memasuki apa yang disebut era pertumbuhan populasi negatif.

Ini terjadi setelah data mengungkapkan penurunan bersejarah jumlah orang di China untuk pertama kalinya sejak 1961.

Dilansir dari Guardian, negara ini memiliki 1,41175 miliar orang pada akhir tahun 2022, dibandingkan dengan 1,41260 miliar pada tahun sebelumnya, kata Biro Statistik Nasional pada hari Selasa (17/1/2023).

Baca juga: Populasi China Turun untuk Kali Pertama dalam 60 Tahun

Ini menunjukkan populasi China turun 850.000 yang menandai periode panjang penurunan populasi, meskipun ada upaya besar pemerintah untuk membalikkan tren tersebut.

Berbicara menjelang rilis data, Cai Fang, wakil ketua Komite Urusan Pertanian dan Pedesaan Kongres Rakyat Nasional, mengatakan populasi China telah mencapai puncak penurunan penduduk pada tahun 2022, jauh lebih awal dari yang diperkirakan.

“Para ahli di bidang kependudukan dan ekonomi memprediksikan bahwa pada tahun 2022 atau paling lambat tahun 2023, negara saya akan memasuki era pertumbuhan penduduk negatif,” kata Cai.

Pemerintah China selama beberapa tahun berusaha mendorong orang untuk memiliki lebih banyak anak, dan mencegah krisis demografis yang membayangi yang disebabkan oleh populasi yang menua.

Kebijakan baru berupaya meringankan beban keuangan dan sosial dalam mengasuh anak, atau secara aktif memberikan insentif untuk memiliki anak melalui subsidi dan keringanan pajak.

Baca juga: Transformasi Ekonomi China dan Implikasinya di Asia Pasifik

Beberapa provinsi atau kota telah mengumumkan pembayaran tunai kepada orang tua yang memiliki anak kedua atau ketiga.

Pekan lalu kota Shenzhen mengumumkan insentif keuangan yang diterjemahkan menjadi total 37.500 yuan (5.550 dollar AS) untuk keluarga dengan tiga anak.

Namun setelah beberapa dekade kebijakan satu anak yang melarang memiliki banyak anak, dan meningkatnya biaya hidup modern, penolakan tetap ada di antara pasangan.

Pada konferensi pers pada hari Selasa, Kang Yi, kepala Biro Statistik Nasional, mengatakan pasokan tenaga kerja China secara keseluruhan masih melebihi permintaan, dan masyarakat tidak perlu khawatir dengan penurunan populasi.

Baca juga: Rusia Nekat Kirim Minyak Mentah ke Asia dengan Supertanker China

China berada di jalur yang akan diambil alih oleh India sebagai negara terpadat di dunia.

Angka kelahiran tahun lalu adalah 6,77 kelahiran per 1.000 orang, turun dari angka 7,52 kelahiran pada tahun 2021, menandai angka kelahiran terendah dalam catatan.

Dalam angka riil, ada lebih dari satu juta kelahiran yang terdaftar pada tahun 2022 dibandingkan tahun sebelumnya yang berjumlah 10,62 juta.

Baca juga: Perbatasan Utama Myanmar-China Akhirnya Dibuka Lagi Sebagian

Negara ini juga mencatat tingkat kematian tertinggi sejak 1976, mencatat 7,37 kematian per 1.000 orang dibandingkan dengan tingkat 7,18 kematian pada tahun 2021.

Cai mengatakan kebijakan sosial China perlu disesuaikan, termasuk perawatan lansia dan pensiun, beban keuangan nasional yang akan memburuk di masa depan dan berdampak pada pertumbuhan ekonomi China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Guardian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com