Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Presiden Jair Bolsonaro Diduga Aktor Intelektual Kerusuhan Brasil

Kompas.com - 14/01/2023, 15:42 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

BRASILIA, KOMPAS.com - Mahkamah Agung Brasil pada Jumat (13/1/2023) setuju untuk membuka penyelidikan terhadap mantan presiden Jair Bolsonaro.

Dilansir dari Reuters, Bolsonaro diduga mendorong protes anti-demokrasi yang berakhir dengan penyerbuan gedung-gedung pemerintah oleh para pendukungnya di Brasilia.

"Tokoh publik yang terus bersekongkol dengan pengecut melawan demokrasi yang mencoba menetapkan keadaan pengecualian akan dimintai pertanggungjawaban," kata Hakim Alexandre de Moraes, yang menyetujui permintaan jaksa federal untuk meluncurkan penyelidikan.

Baca juga: Buntut Kerusuhan Brasil, Jair Bolsonaro Akan Ikut Diselidiki

Bolsonaro, yang saat ini berada di Amerika Serikat, akan diselidiki oleh jaksa penuntut atas kemungkinan hasutan dan aktor intelektual atas tindakan anti-demokrasi yang mengakibatkan vandalisme dan kekerasan di Brasilia.

Mahkamah Agung juga telah memerintahkan penangkapan mantan menteri kehakiman Bolsonaro, Anderson Torres, karena mengizinkan protes berlangsung di ibu kota Brasil setelah dia memegang tanggung jawab atas keamanan publik Brasilia.

Ribuan pendukung Bolsonaro merusak Mahkamah Agung, Kongres, dan istana kepresidenan akhir pekan lalu.

Baca juga: Seruan Mengusir Mantan Presiden Brasil Bolsonaro dari AS Meningkat

Mereka berusaha memprovokasi kekacauan dan kudeta militer yang akan menggulingkan Presiden Luiz Inacio Lula da Silva dan mengembalikan pemimpin sayap kanan itu ke tampuk kekuasaan.

Setelah kalah dalam pemilu Brasil bulan Oktober dari Lula, Bolsonaro meninggalkan Brasil menuju AS menjelang akhir masa jabatannya, menghindari memberikan selempang presiden kepada saingan sayap kirinya pada pelantikannya.

Torres, yang juga berada di Florida, mengatakan dia berencana untuk kembali ke Brasil untuk menyerahkan diri.

Baca juga: Dampak Kerusuhan Brasil: Gedung Pemerintah Rusak, Mata Uang Jatuh

Bolsonaro mengatakan di media sosial bahwa dia akan melanjutkan kepulangannya ke Brasil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com