Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diserang Roket Ukraina, 89 Tentara Rusia Tewas, Kemenhan Salahkan Ponsel

Kompas.com - 04/01/2023, 10:01 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber Reuters

KYIV, KOMPAS.com – Sebanyak 89 tentara Rusia tewas akibat serangan roket Ukraina di Makiivka, sebuah daerah di wilayah Donetsk yang dikuasai Moskwa, saat malam tahun baru.

Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Rusia mengatakan, faktor utama dari serangan roket Ukraina itu disebabkan ada tentara Rusia yang menggunakan ponsel secara ilegal.

Kemenhan Rusia menambahkan, ada aturan di mana tentaranya dilarang menggunakan ponsel di medan perang, sebagaimana dilansir Reuters, Rabu (4/1/2023).

Baca juga: Ukraina dan UE Sepakat Gelar KTT pada 3 Februari, Ini yang Akan Dibahas

“Sudah jelas bahwa alasan utama dari apa yang terjadi adalah pengaktifan dan penggunaan, bertentangan dengan larangan, ponsel dari personel di zona jangkauan senjata musuh,” kata Kemenhan Rusia dalam sebuah pernyataan.

“Faktor ini memungkinkan musuh dapat melacak dan menentukan koordinat lokasi tentara untuk serangan misil,” sambung Kemenhan Rusia.

Reuters melaporkan, serangan roket tersebut terjadi tepat setelah malam pergantian tahun di sebuah bangunan sekolah yang diubah menjadi markas militer.

Sebelumnya, Rusia mengumumkan bahwa 63 tentaranya tewas dalam serangan tersebut.

Baca juga: Rusia Akui Korban Tewas di Makiivka Naik Jadi 89 Tentara, Salahkan Penggunaan HP

Kemenhan Rusia menuturkan, sebanyak empat roket dari HIMARS buatan AS menghantam gedung tersebut.

Akibat gempuran dan ledakan roket, langit-langit gedung runtuh.

Kemenhan Rusia menambahkan, sebuah komisi dikirim untuk menyelidiki perkara serangan roket Ukraina di bangunan yang dipenuhi tentara Rusia tersebut.

Kemenhan Rusia menuturkan, sebagai balasannya, pihaknya meluncurkan serangan udara yang menyasar titik peralatan militer di dekat stasiun kereta api Druzhkivka di Donetsk.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-314 Serangan Rusia ke Ukraina: Warga Rusia Marah, Putin Siapkan Film

Rusia mengeklaim, serangan itu menewaskan hingga 200 personel Ukraina, menghancurkan empat peluncur HIMARS, dan menghancurkan lebih dari 800 roket.

Di sisi lain, Wakil Kepala Kantor Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, Kyrylo Tymoshenko, membantah banyak korban jiwa dari pihak Ukraina.

Pada Selasa (3/1/2023), Tymoshenko berujar ada dua orang yang terluka akibat serangan di Druzhkivka.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-313 Serangan Rusia Ke Ukraina: Rusia Akui Kerugian Terbesar, Harga Gas Eropa Turun ke Level Terendah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com