Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gitaris Queen Dapat Gelar Bangsawan dari Raja Charles III

Kompas.com - 31/12/2022, 12:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber The Hill

LONDON, KOMPAS.com - Gitaris Queen Brian May, beberapa pemain Inggris yang memenangkan kejuaraan sepak bola wanita Eropa dan diplomat yang terlibat menanggapi invasi Rusia ke Ukraina masuk dalam daftar penghargaan Tahun Baru pertama Raja Charles III.

Dilansir dari CNA, empat anggota tim sepak bola wanita Inggris menerima penghargaan, dengan kapten Leah Williamson dianugerahi OBE, sedangkan pemenang sepatu emas turnamen Beth Mead, bek Lucy Bronze, dan pencetak gol terbanyak sepanjang masa Ellen White menerima MBE.

Pelatih tim, Sarina Wiegman berkebangsaan Belanda, menerima CBE kehormatan, sejenis penghargaan yang diberikan kepada warga negara asing.

Baca juga: Pesan Natal Raja Charles III Kemungkinan Tak Akan Singgung Skandal Harry-Meghan

Sementara May, anggota pendiri band rock Queen, dianugerahi gelar kebangsawanan pada akhir tahun ketika dia membuka konser Platinum Jubilee Ratu Elizabeth di atas Monumen Victoria, 20 tahun setelah dia tampil di atas Istana Buckingham di Golden Jubilee.

Ratu Elizabeth II meninggal pada bulan September, menjadikan penghargaan Tahun Baru sebagai yang pertama diberikan oleh Raja Charles sejak dia naik takhta.

Daftar tersebut disusun oleh komite independen, sebelum disetujui oleh perdana menteri dan raja.

Melinda Simmons dan Deborah Bronnert, masing-masing duta besar Inggris untuk Kyiv dan Moskwa, keduanya menerima penghargaan atas layanan mereka terhadap kebijakan luar negeri, dengan pejabat lain yang bekerja dalam tanggapan Inggris terhadap invasi Rusia ke Ukraina juga dihormati.

Baca juga: Pelempar Telur ke Raja Charles III Didakwa, Hukuman Penjara jika Terbukti Bersalah

Ketua konferensi iklim COP26, Alok Sharma, dianugerahi gelar ksatria, begitu pula mantan pegawai negeri Mark Sedwill dan Tom Scholar, yang digulingkan dari peran penting selama masa jabatan mantan Perdana Menteri Boris Johnson dan Liz Truss.

Denise Lewis, seorang juara Olimpiade yang memenangkan medali emas di heptathlon pada pertandingan Sydney 2000, mendapat kehormatan, sementara perancang busana Mary Quant dan artis Grayson Perry juga mendapat kehormatan.

Kepala Eksekutif NatWest Alison Rose, CEO wanita pertama dari Bank Inggris besar, dianugerahi kehormatan, seperti Anita Frew, kursi wanita pertama dari perusahaan kedirgantaraan Rolls Royce.

Penghargaan Tahun Baru telah diberikan sejak pemerintahan Ratu Victoria pada abad ke-19 dan bertujuan untuk mengakui tidak hanya tokoh-tokoh terkenal tetapi juga orang-orang yang telah berkontribusi pada kehidupan nasional melalui pekerjaan tanpa tanda jasa selama bertahun-tahun.

Baca juga: Desain Uang Kertas Raja Charles III Akhirnya Dipublikasikan oleh Bank Sentral Inggris, Kapan Beredar?

OBE adalah Perwira Ordo Kerajaan Inggris, MBE adalah Anggota Ordo Kerajaan Inggris dan CBE adalah Komandan Orde Kerajaan Inggris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com