Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meksiko Temukan 4 Tengkorak Manusia dalam Paket Tujuan AS di Bandara

Kompas.com - 31/12/2022, 09:00 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber

MEXICO CITY, KOMPAS.com - Empat tengkorak manusia ditemukan di dalam sebuah paket di bandara Meksiko yang akan dikirim melalui jasa pengiriman ke Amerika Serikat (AS).

Gadra Nasional Meksiko mengatakan, tengkorak-tengkorak itu ditemukan terbungkus aluminium foil di dalam kotak kardus di Bandara Intercontinental Queretaro di Meksiko tengah.

Petugas Garda Nasional Meksiko awalnya dipanggil ke bandara setelah X-ray mendeteksi adanya bentuk aneh dalam paket kotak karus.

Baca juga: Tokoh Media Ramai-ramai Kecam Presiden Meksiko

Garda Nasional mengungkap, paket itu dikirim dari Kota Apaztingan di negara bagian Michoacan dengan tujuan Manning, Carolina Selatan.

Michoacan sendiri adalah salah satu negara bagian di yang dikenal “paling kejam” di Meksiko dan Kota Apatzingan telah lama didominasi oleh kartel narkoba Viagras.

“Ketika petugas Penjaga membuka kotak itu, mereka menemukan empat tengkorak manusia terbungkus plastik dan aluminium foil,” ungkap Garda Nasional Meksiko pada Jumat (30/12/2022), sebagaimana dikutip dari Associated Press (AP).

Garda Nasional Meksiko tidak memberikan perincian lebih lanjut tentang usia, identitas, atau kemungkinan motif pengiriman tengkorak manusia itu.

Pemindahan tengkorak, menurut mereka, memerlukan izin khusus dari otoritas kesehatan Meksiko yang kompeten.

Baca juga: Saudara Bos Kartel Besar Ditangkap, Meksiko Persiapkan Serangan Balas Dendam

Yang pasti, kata Garda Nasional, terlepas dari bagaimana tengkorak itu diperoleh atau apakah barang itu dimaksudkan untuk studi medis, pengiriman barang tersebut dapat melanggar undang-undang Meksiko tentang penanganan mayat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com