Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungan Zelensky ke AS: Biden Desak Solidaritas untuk Ukraina Berlanjut pada 2023

Kompas.com - 22/12/2022, 07:04 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Reuters

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Volodymyr Zelensky bertemu dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden di Gedung Putih pada Rabu (21/12/2022) selama kunjungan masa perang pertama pemimpin Ukraina ke luar negeri.

Perjalanan ini dimaksudkan untuk mendesak AS dan dunia agar terus mendukung Kyiv pada 2023, ketika persetujuan kongres AS untuk bantuan ke Ukraina akan menjadi lebih sulit.

AS telah mengirimkan sekitar 50 miliar dollar AS bantuan ke Kyiv saat konflik di tanah terbesar Eropa sejak Perang Dunia Kedua berlarut-larut, menewaskan puluhan ribu orang, mengusir jutaan orang dari rumah mereka dan menghancurkan kota-kota menjadi reruntuhan.

Baca juga: Rangkuman Hari ke-301 Serangan Rusia ke Ukraina, Zelensky Kunjungi AS, Rencana Perluasan Militer Rusia

Tetapi beberapa Republikan, yang akan mengambil kendali Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) AS pada 3 Januari, telah menyatakan keprihatinan tentang label harga bantuannya, sementara negara-negara Eropa menderita karena masalah energi dan pukulan ekonomi global.

"Menjelang Tahun Baru, penting bagi rakyat Amerika, dan bagi dunia, untuk mendengar langsung dari Anda, Presiden (Zelensky), tentang perjuangan Ukraina dan kebutuhan untuk terus berdiri bersama hingga 2023," kata Biden pada konferensi pers sebagaimana dilansir Reuters.

Menurutnya, baik NATO maupun Uni Eropa saat ini sangat kuat dan bersatu terkait Ukraina.

"Amerika Serikat akan membela nilai-nilai kita bersama, nilai-nilai kebebasan," kata Zelensky, mengenakan celana dan sweater hijau zaitun khasnya.

"Saya yakin meskipun ada perubahan komposisi Kongres, dukungan bikameral dan bipartisan akan dipertahankan."

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-299 Serangan Rusia ke Ukraina: Putin Terbang ke Belarus | Kyiv Diserang Drone

Perpecahan di Kongres AS

Zelensky, yang mencari lebih banyak dukungan selama perjalanan itu, akan berpidato di sesi bersama Senat dan Dewan Perwakilan AS dan bertemu dengan para pemimpin Demokrat dan Republik di sana.

Beberapa Republikan garis keras mendesak diakhirinya bantuan untuk Ukraina, alih-alih menyerukan audit untuk melacak bagaimana uang yang dialokasikan sebelumnya telah dibelanjakan.

Zelensky berulang kali meminta Barat untuk memasok persenjataan yang lebih canggih, mulai dari tank tempur modern hingga sistem pertahanan rudal, tetapi sekutu Barat berhati-hati.

Sebab, negara-negara NATO berusaha meminimalkan risiko memprovokasi konflik yang lebih luas dengan Rusia.

Zelensky sebelumnya memberi Biden medali yang ditawarkan oleh kapten unit roket HIMARS dan menyatakan terima kasih atas peran presiden AS dalam membantu Ukraina dan menggalang dukungan.

Baca juga: Pejabat Rusia Akui Tentara Moskwa Kepayahan dalam Perang Ukraina

Persenjataan canggih di Ukraina

Beberapa orang di Moskwa mengharapkan invasi ke Ukraina untuk mencapai kemenangan cepat tetapi malah melewati tonggak sejarah 300 hari.

Pada Rabu (21/12/2022), Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengumumkan bahwa Amerika Serikat akan memberikan tambahan bantuan militer senilai 1,85 miliar dollar AS untuk Ukraina termasuk sistem pertahanan udara Patriot untuk membantunya menangkal rentetan rudal Rusia.

Halaman:
Sumber Reuters

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com