Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dokumen Pembunuhan John F Kennedy Dibuka, Ini Hal Penting yang Diungkap

Kompas.com - 16/12/2022, 10:15 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Arsip Nasional AS pada Kamis merilis ribuan dokumen terkait pembunuhan Presiden John F Kennedy tahun 1963.

Mereka bertindak tidak lama setelah Presiden Joe Biden mengeluarkan perintah eksekutif yang mengesahkan pembebasan yang juga menyimpan ratusan rahasia catatan sensitif lainnya hingga satu tahun lagi.

Dilansir dari Reuters, pelepasan 13.173 dokumen tidak diharapkan untuk memasukkan fakta baru atau mengubah kesimpulan yang dicapai oleh komisi yang dipimpin oleh Ketua Mahkamah Agung Earl Warren.

Baca juga: Benarkah John F Kennedy Sudah Memprediksi Kematiannya Sendiri?

Kesimpulannya adalah Lee Harvey Oswald, pembunuh Kennedy, adalah mantan aktivis Marinir dan komunis yang pernah tinggal di Uni Soviet. Dia bertindak sendiri.

Namun, file terbaru akan berguna bagi sejarawan yang berfokus pada peristiwa seputar pembunuhan tersebut.

Kennedy ditembak dan dibunuh saat mengendarai iring-iringan mobilnya melalui Dallas pada 22 November 1963, pada usia 46 tahun.

Ribuan buku, artikel, acara TV, dan film telah mengeksplorasi gagasan bahwa pembunuhan Kennedy adalah hasil dari konspirasi yang rumit.

Baca juga: Presiden AS John F Kennedy Tewas Ditembus Peluru, Hari Ini 59 Tahun Lalu...

Tidak ada yang menghasilkan bukti konklusif bahwa Oswald, yang ditembak mati oleh pemilik klub malam Jack Ruby dua hari setelah membunuh Kennedy, bekerja dengan orang lain.

Banyak dokumen yang dirilis pada hari Kamis (15/12/2022) milik Central Intelligence Agency, termasuk beberapa yang berfokus pada pergerakan Oswald dan kontaknya.

Dokumen lain berfokus pada permintaan dari Komisi Warren yang menyelidiki pembunuhan tersebut.

Dokumen tersebut menunjukkan bahwa pemerintah AS membuka apa yang disebut file 201 tentang Oswald pada Desember 1960, hampir tiga tahun sebelum pembunuhan Kennedy dan setelah Oswald gagal membelot ke Uni Soviet pada 1959.

Sebuah dokumen Desember 1963 menggambarkan bagaimana pejabat CIA di Mexico City menyadap panggilan telepon yang dilakukan Oswald pada bulan Oktober dari kota itu ke Kedutaan Besar Soviet di sana menggunakan namanya sendiri dan berbicara dengan "bahasa Rusia yang rusak".

Baca juga: 8 Pemimpin Negara Terkenal yang Dibunuh, dari John F Kennedy hingga Shinzo Abe

Oswald berharap untuk melakukan perjalanan melalui Kuba dalam perjalanannya ke Rusia dan sedang mencari visa, dokumen menunjukkan.

Ada kekhawatiran awal bahwa Ruby, pembunuh Oswald, mungkin memiliki hubungan dengan Oswald.

Tetapi sebuah memo September 1964 yang baru dirilis kepada komisi kepresidenan yang menyelidiki pembunuhan itu mengatakan CIA tidak memiliki indikasi bahwa Ruby dan Lee Harvey Oswald pernah mengenal satu sama lain, terkait, atau mungkin terhubung dengan cara apa pun.

Baca juga: Putri John F Kennedy Dicalonkan Jadi Duta Besar AS untuk Australia

Kongres pada tahun 1992 telah memerintahkan agar semua file tersegel yang tersisa terkait penyelidikan atas kematian Kennedy harus dibuka sepenuhnya untuk umum melalui Arsip Nasional dalam 25 tahun, paling lambat 26 Oktober 2017, kecuali yang diizinkan oleh presiden untuk ditahan lebih lanjut.

Pada 2017, Presiden Donald Trump saat itu merilis cache catatan, tetapi memutuskan untuk merilis dokumen yang tersisa secara bergilir.

Dengan rilis hari Kamis, 95 persen dokumen dalam koleksi catatan pembunuhan JFK CIA akan dirilis secara keseluruhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com