Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UE dan ASEAN Adakan KTT di Brussels Bahas Kemitraan Strategis

Kompas.com - 15/12/2022, 11:25 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Editor

BRUSSELS, KOMPAS.com - Para pemimpin Uni Eropa (UE) dan ASEAN memulai pertemuan puncak tatap muka pertama mereka di Brussels hari Rabu (14/12), memperingati 45 tahun hubungan diplomatik UE-ASEAN.

Hadir dalam pertemuan tersebut antara lain Presiden Indonesia Joko Widodo, yang tiba malam sebelumnya di Belgia.

"Saya melihatnya sebagai peluang bagi UE dan ASEAN untuk berkomitmen pada kemitraan strategis mereka dan komitmen bersama untuk mengikuti tatanan internasional berbasis aturan di tengah ketegangan geopolitik saat ini," kata seorang pejabat UE kepada wartawan sebelum pembukaan KTT.

Baca juga: Uni Eropa dan Komnas HAM Ajak Anak Muda Indonesia Jadi Generasi Penerus Pembela HAM

“Kami juga senang bahwa mitra ASEAN kami berbagi keprihatinan kami tentang agresi Rusia di Ukraina,” lanjut pejabat itu, seraya menambahkan bahwa Eropa juga perlu memperhatikan tantangan keamanan di Myanmar, Semenanjung Korea, dan Laut China Selatan.

Ketegangan geopolitik dan ekonomi di kawasan Indo-Pasifik saat ini terutama muncul terkait dominasi China di kawasan dan ketidaknyamanan Eropa.

Di tengah hubungan yang mendingin dengan Beijing itu, UE memandang peningkatan hubungan perdagangan dengan ASEAN sebagai prioritas utama.

Kepada DW, Ketua ASEAN Parliamentarians for Human Rights (APHR) Charles Santiago mengatakan negara-negara di Asia membutuhkan penyeimbang terhadap pengaruh kuat China di kawasan, khususnya dalam isu Laut China Selatan.

Uni Eropa, kata dia, juga sedang berusaha meyakinkan ASEAN agar tidak menjalin hubungan yang lebih erat dengan Rusia.

Baca juga: Maskapai Uni Eropa Harus Bayar Izin Lebih Mahal jika Pakai Bahan Bakar Fosil

Belum ada kesepakatan perdagangan bebas UE-ASEAN

Namun Charles Santiago menekankan, perjanjian perdagangan bebas antara UE dan ASEAN belum jadi topik utama di meja perundingan saat ini.

"Eropa ingin mempertahankan hubungan dagangnya dengan ASEAN berdasarkan beberapa hal. Pertama, UE sedang mencari sumber bahan baku seperti litium, yang dapat disediakan ASEAN. Saat ini, setiap pembicaraan perdagangan akan lebih fokus untuk membatasi pengaruh China dan Rusia di kawasan," katanya.

ASEAN adalah mitra dagang terbesar ketiga UE setelah AS dan China, dengan volume perdagangan barang mencapai lebih dari 215,9 miliar euro pada 2021.

Produk kimia, mesin dan peralatan transportasi merupakan ekspor utama UE ke negara-negara ASEAN, sedangkan impor meliputi mesin dan peralatan transportasi, produk pertanian, tekstil dan pakaian jadi.

Kedua blok sudah memulai negosiasi perjanjian perdagangan bebas pada 2007, tetapi memilih membuat kesepakatan perdagangan bilateral lebih dulu.

Baca juga: Pesawat Tempur Israel Serang Jalur Gaza, Uni Eropa Tuntut Pertanggungjawaban

Menurut Komisi Eropa, perjanjian perdagangan dan investasi bilateral ini dapat berfungsi sebagai dasar untuk perjanjian perdagangan UE-ASEAN di masa depan.

UE memulai negosiasi perdagangan secara individual dengan masing-masing negara ASEAN seperti Singapura dan Malaysia pada 2010, Vietnam pada 2012, Thailand pada 2013, Filipina pada 2015, dan Indonesia pada 2016.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com