Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Fransiskus Tak Kuasa Menahan Tangis di Tengah Doa Publik untuk Perdamaian di Ukraina

Kompas.com - 10/12/2022, 20:45 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Daily Mail

 

MADRID, KOMPAS.com - Paus Fransiskus menangis di tengah doa publik untuk perdamaian di Ukraina, sehingga memicu kerumunan umat di sekitarnya bertepuk tangan memberinya kekuatan untuk menyelesaikan doa.

Muncul di dekat Spanish Steps di pusat kota Roma selama kunjungan Natal tahunan untuk menghormati patung Perawan Maria, Paus Fransiskus terlihat membungkuk dan tersedak berjuang mengendalikan emosi kesedihannya.

Pemimpin Gereja Katolik Roma itu tidak dapat melanjutkan kata-katanya di tengah doa untuk Ukraina.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-279 Serangan Rusia ke Ukraina: Rusia Kecam Paus Fransiskus, Ukraina Waspadai Perang Musim Dingin

“Saya ingin menyampaikan kepada Anda ucapan terima kasih dari orang-orang Ukraina,” ujar menurut video yang dibagikan secara luas dari agenda kunjungannya pada Kamis (8/12/2022) di Spanyol.

Dia mulai gemetar ketika menyebutkan “orang-orang Ukraina” sampai akhirnya dia harus berhenti berbicara. Dia terdengar terisak dalam keheningan itu.

Melihat momen tersebut, ribuan pejabat, pendeta, dan orang Romawi yang berkerumun di lokasi tersebut tampaknya bisa menyadari emosi kesedihan yang menyelimuti Paus.

Umat di sekitarnya kemudian bertepuk tangan sebagai tanda dukungan, mencoba memberikan kekuatan bagi pemimpin agama berusia 85 tahun itu.

Setelah jeda panjang selama 30 detik, Paus Fransiskus akhirnya melanjutkan doanya.

“Untuk orang-orang Ukraina.. untuk perdamaian yang telah lama kami minta kepada Tuhan,” sambungnya dengan suara yang masih bergetar.

"Walau begitu, saya harus menyampaikan kepada Tuhan permohonan anak-anak, orang tua, ibu dan ayah dan orang muda dari tanah martir itu, yang sangat menderita," tambahnya.

Baca juga: Vatikan Panggil Dokter Atlético Madrid untuk Merawat Masalah Lutut Paus Fransiskus

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by BBC News (@bbcnews)

Momen itu terjadi selama kunjungan tahunan paus ke Spanyol, yang jatuh pada hari raya 8 Desember yang didedikasikan untuk Maria, ibu Yesus.

Hari itu adalah hari libur nasional di Italia, dan Paus asal Argentina itu ditemani oleh Wali Kota Roma Roberto Gutieri.

Acara ini secara tidak resmi menandai dimulainya musim Natal di Italia.

Usai membacakan doa pada Kamis (9/12/2022) di patung dekat Spanish Steps, paus menyapa orang-orang di kerumunan, termasuk wartawan.

Ketika salah satu jurnalis membahas bagaimana Paus Fransiskus terlihat tampak diliputi oleh emosi, dia menjawab: “Ya. Itu (perang di Ukraina) adalah penderitaan yang luar biasa, luar biasa. Sebuah kekalahan bagi umat manusia.”

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com