Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS dan Australia Undang Jepang untuk Tingkatkan Rotasi Pasukan

Kompas.com - 07/12/2022, 08:05 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Amerika Serikat dan Australia mengatakan pada Selasa (6/12/2022), bahwa mereka akan menyambut pasukan Jepang dalam rotasi tiga arah.

Mereka bersumpah akan membentuk front persatuan dalam menghadapi kemajuan pesat militer China.

Menteri Pertahanan dan Luar Negeri Australia mengatakan Australia setuju untuk meningkatkan interaksi militer dengan Amerika Serikat selama pembicaraan di Washington, setelah itu mereka akan terbang ke Tokyo, Jepang.

Baca juga: Rusia Kerahkan Sistem Rudal Pertahanan di Kepulauan Kuril Dekat Jepang

"Sangat penting bahwa kami melakukan ini dari sudut pandang memberikan keseimbangan di kawasan kami dan melibatkan negara-negara lain di kawasan kami dan kami berharap dapat lebih terlibat dengan Jepang," kata Menteri Pertahanan Australia Richard Marles dalam konferensi pers.

"Kita bisa pergi ke Jepang pada akhir minggu ini dengan mengundang Jepang untuk berpartisipasi dalam lebih banyak latihan dengan Australia dan Amerika Serikat," tambah dia, sebagaimana dikutip Kompas.com dari Kantor berita AFP. 

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengatakan sekutu akan mencari partisipasi Jepang dalam operasi bersama di Australia, di mana Amerika Serikat telah merotasi Marinir sejak 2011 melalui Darwin, kota strategis di utara yang diserang oleh kekaisaran Jepang dalam Perang Dunia II.

Austin mengatakan Amerika Serikat dan Australia sepakat untuk meningkatkan rotasi gugus tugas pengebom, jet tempur, serta Angkatan Darat, dan Angkatan Laut AS.

Baca juga:

"Kami sepakat untuk meningkatkan kerja sama pertahanan trilateral dan mengundang Jepang untuk berintegrasi ke dalam prakarsa postur kekuatan kami di Australia," kata Austin.

Jepang dalam beberapa tahun terakhir mencari kerja sama diplomatik yang berkembang dengan Australia. Tetapi, hubungan pertahanan kedua negara menjadi lebih sensitif karena pasifisme resmi Tokyo sejak kekalahan dalam Perang Dunia II.

Tetapi. Jepang telah berpartisipasi dalam latihan termasuk latihan tiga arah pada bulan Mei di lepas pantai timur laut Australia yang mencakup tembakan langsung infanteri dan integrasi tank.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com