Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xi Jinping, Zelensky dan Para Pemrotes Iran Masuk Nominasi Time Person of The Year 2022

Kompas.com - 06/12/2022, 20:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber The Hill

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Majalah Time telah mengungkapkan nominasi untuk Person of the Year 2022, dan berencana umengumumkan pemenangnya pada hari Rabu (7/12/2022).

Dilansir dari The Hill, Person of the Year berikutnya akan diungkap secara eksklusif di acara "Today" NBC, yang juga mendapatkan salinan daftar pilihan.

Majalah yang telah memberikan gelar kehormatan sejak 1927, tahun lalu memberikan penghargaan kepada miliarder Elon Musk.

Berikut adalah kandidat untuk Person of the Year 2022 dari Time.

Baca juga: Aktivis Lingkungan Aceh Farwiza Farhan Masuk Daftar Sosok Inspiratif TIME 2022

Elon Musk

Musk dinominasikan sekali lagi, dengan peluang memenangkan gelar untuk tahun kedua berturut-turut.

Tahun lalu, Time mengutip kontribusi CEO Tesla dan SpaceX untuk menciptakan solusi untuk krisis eksistensial" dan untuk mewujudkan kemungkinan dan bahaya zaman raksasa teknologi.

Tahun ini, Musk mendominasi sorotan dengan pembelian Twitter senilai 44 miliar dollar AS. Musk telah membuat serangkaian perubahan kontroversial di perusahaan media sosial tersebut, yang menimbulkan kekhawatiran tentang masa depan Twitter.

Baca juga: Indonesia Hadir Lagi di MITT Moskwa 2022, Usung Tema Its Time for Bali

Xi Jinping

Presiden China Xi Jinping, yang mengokohkan masa jabatan ketiga bersejarah untuk dirinya sendiri tahun ini, sebelumnya dinominasikan pada 2019 setelah China mengawasi implementasi undang-undang keamanan nasional yang menurut para kritikus mencabut otonomi mandiri distrik khusus Hong Kong.

Tahun ini, China sekali lagi bentrok dengan AS atas pulau Taiwan yang berpemerintahan sendiri, memperbaharui kekhawatiran akan potensi invasi China ke tetangganya.

Protes baru-baru ini telah melanda China karena banyak seruan untuk diakhirinya kebijakan nol Covid pemerintah, salah satu penegakan virus corona yang paling ketat di dunia.

Baca juga: Elon Musk Dinobatkan sebagai Person of the Year 2021 oleh Majalah Time

Liz Cheney

Liz Cheney menarik perhatian banyak orang Amerika tahun ini saat dia menjadi wajah komite DPR yang menyelidiki serangan 6 Januari 2021 di Capitol.

Cheney membantu memimpin audiensi komite selama musim panas menyoroti peran mantan Presiden Trump dalam serangan itu dan upayanya untuk membatalkan pemilihan. Panitia juga menyiapkan laporan akhir pada 6 Januari.

Dia kalah dalam pertempuran utamanya melawan lawan yang didukung Trump dan merupakan paria bagi banyak orang di Partai Republik tetapi tidak mengesampingkan kemungkinan tawaran presiden.

Baca juga: Joe Biden dan Kamala Harris Jadi Person of the Year 2020 Majalah Time

Volodymyr Zelensky

Presiden Ukraina meraih ketenaran internasional tahun ini sambil dengan gigih mempertahankan negaranya dari invasi Rusia.

Zelensky dikenal karena kemeja hijaunya dan sikapnya yang keras dan tanpa basa-basi, tetapi juga pidatonya juga seringkali hangat dan meyakinkan orang-orang Ukraina.

Presiden dalam beberapa bulan terakhir telah memimpin Ukraina meraih kemenangan demi kemenangan, mendorong mundur pasukan Rusia dan merebut kembali wilayah yang hilang.

Baca juga: Foto Viral Sampul Majalah TIME... to go Bergambar Trump, Ini Faktanya...

Para Pemrotes di Iran

Protes telah melanda Iran sejak pertengahan September setelah kematian Mahsa Amini yang berusia 22 tahun dalam tahanan polisi. Amini ditangkap karena mengenakan jilbab secara tidak benar.

Protes bersejarah telah menciptakan tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi pemerintah Iran, yang telah menindak keras pasukan keamanan dan menewaskan sekitar ratusan pengunjuk rasa.

Baca juga: Ilustrasi Sampul Majalah TIME Tampilkan Gumpalan Awan Virus Corona dari Gedung Putih

Di Piala Dunia, tim sepak bola Iran menolak menyanyikan lagu kebangsaan untuk menunjukkan dukungan kepada pengunjuk rasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Hill

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com