Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toby Si Penguin Akurat Tebak Hasil Laga Piala Dunia 2022, Penerus Paul Si Gurita?

Kompas.com - 27/11/2022, 12:01 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

DUBAI, KOMPAS.com - Piala Dunia 2010 Afrika Selatan diramaikan dengan Paul Si Gurita yang jago menebak hasil pertandingan, dan kali ini di Qatar 2022 ada Toby Si Penguin dari Dubai, Uni Emirat Arab (UEA).

Nama Toby mencuat bersama Taiyo, berang-berang Asia berusia delapan tahun yang benar menebak kemenangan Jepang atas Jerman.

Adapun Toby adalah penguin gentoo yang tinggal di Ski Dubai, resor ski indoor yang bertempat di salah satu pusat perbelanjaan terbesar di dunia.

Baca juga: Piala Dunia: Timnas Iran Nyanyikan Lagu Kebangsaan Usai Sempat Bungkam, Suporter Menangis

Pada Selasa (22/11/2022), Toby, yang berusia 12 tahun meramalkan salah satu hasil paling mengejutkan dalam sejarah Piala Dunia, yaitu kemenangan 2-1 Arab Saudi atas Argentina.

Toby, yang digambarkan oleh pawangnya Ahmed sebagai penguin paling pintar di penangkarannya, juga benar memprediksi kemenangan Jepang atas Jerman.

Penguin tersebut juga benar saat memprediksi hasil Spanyol lawan Kosta Rika yang berkesudahan 7-0 untuk La Furia Roja.

Tidak semua prediksi Toby tepat, tetapi tingkat keberhasilannya tinggi, kata sumber yang dekat dengan hewan tersebut, dikutip dari Middle East Eye pada Jumat (25/11/2022).

“Dia sangat ingin tahu dan selalu mengamati hal-hal di sekitarnya,” kata pawangnya kepada pers. “Tentu saja, rentang perhatiannya pendek, tapi dia sangat jeli.”

Baca juga:

Toby sudah menetap di Ski Dubai selama tiga tahun dan menjadi bagian program penangkaran penguin di sana. Ide membuat resor ski di pusat perbelanjaan berasal dari pengusaha UEA, Majid Al-Futtaim, yang meninggal pada 2021.

Resor ski seluas 22.500 meter persegi tersebut dijaga suhunya antara -1 sampai 2 derajat Celsius.

Selain Toby dan Paul, hewan-hewan lain yang diakui kehebatannya antara lain Simon si kucing yang selamat dari serangan meriam, Wojtek si beruang yang direkrut menjadi tentara Polandia, dan Tama si kucing yang merupakan kepala stasiun kereta api Jepang.

Baca juga: 5 Larangan Bagi Penonton Piala Dunia Qatar di Stadion

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com