Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden AS John F Kennedy Tewas Ditembus Peluru, Hari Ini 59 Tahun Lalu...

Kompas.com - 22/11/2022, 14:25 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber History

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - John Fitzgerald Kennedy, presiden ke-35 Amerika Serikat, dibunuh saat bepergian melalui Dallas, Texas, saat melaju dengan mobil atap terbuka.

Ibu negara Jacqueline Kennedy jarang menemani suaminya dalam acara politik, tetapi dia berada di sampingnya saat kejadian naas itu.

Merrka bersama dengan Gubernur Texas John Connally dan istrinya, untuk iring-iringan mobil sepanjang 10 mil melalui jalan-jalan di pusat kota Dallas pada 22 November 1963.

Baca juga: 8 Pemimpin Negara Terkenal yang Dibunuh, dari John F Kennedy hingga Shinzo Abe

Dilansir History, keluarga Kennedy dan Connally melambai ke kerumunan besar dan antusias yang berkumpul di sepanjang rute pawai.

Saat kendaraan mereka melewati Gedung Penyimpanan Buku Sekolah Texas pada pukul 12.30, Lee Harvey Oswald diduga melepaskan tiga tembakan dari lantai enam, melukai Presiden Kennedy dan Gubernur Connally secara fatal.

Ini adalah tragedi. Kennedy dinyatakan meninggal 30 menit kemudian di Rumah Sakit Parkland Dallas. Dia masih berusia 46 tahun.

Wakil Presiden Lyndon Johnson, yang berada tiga mobil di belakang Presiden Kennedy dalam iring-iringan mobil, dilantik sebagai presiden ke-36 Amerika Serikat pada pukul 14.39.

Dia mengambil sumpah jabatan presiden di atas Air Force One saat duduk di landasan pacu di bandara Dallas Love Field. Pengambilan sumpah disaksikan oleh sekitar 30 orang, termasuk Jacqueline Kennedy, yang masih mengenakan pakaian yang berlumuran darah suaminya. Tujuh menit kemudian, jet kepresidenan berangkat ke Washington.

Baca juga: Putri John F Kennedy Dicalonkan Jadi Duta Besar AS untuk Australia

Keesokan harinya, 23 November, Presiden Johnson mengeluarkan dekrit pertamanya, menyatakan 25 November sebagai hari berkabung nasional untuk presiden yang terbunuh.

Pada hari Senin itu, ratusan ribu orang berbaris di jalan-jalan Washington untuk menyaksikan caisson yang ditarik kuda membawa jenazah Kennedy dari Rotunda Capitol ke Katedral Katolik S Matius untuk Misa requiem.

Prosesi khusyuk kemudian dilanjutkan ke Pemakaman Nasional Arlington, tempat para pemimpin dari 99 negara berkumpul untuk pemakaman kenegaraan.

Baca juga: Saat John F Kennedy Dimakamkan, Saat Amerika Serikat Berkabung

Kennedy dimakamkan dengan penghormatan militer penuh di lereng di bawah Arlington House, tempat api abadi dinyalakan oleh istrinya untuk menandai kuburan selamanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber History

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com