Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Thomas Wedders, Pria dengan Hidung Terpanjang di Dunia, Rekornya Belum Terpecahkan

Kompas.com - 18/11/2022, 23:31 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Daily Mail

LONDON, KOMPAS.com - Seorang pria dengan hidung terpanjang di dunia membuat heboh dunia maya setelah gambar patung lilinnya muncul kembali.

Thomas Wedders, dari Yorkshire, sempat tenar di abad ke-18 karena memiliki hidung terpanjang di dunia, yakni berukuran 19 sentimeter.

Rekor pemain sirkus keliling ini bertahan hingga hari ini, menurut Rekor Dunia Guinness sebagaimana dilansir Daily Mail pada Selasa (18/11/2022).

Tetapi, ukuran luar biasa hidungnya kini hanya bisa dilihat dari patung lilin.

Baca juga: 8 Embrio Ditemukan dalam Perut Bayi Perempuan dalam Temuan Kasus Pertama di Dunia

Guinness World Records melaporkan pemegang rekor hidung terpanjang yang masih hidup saat ini adalah pria Turkiye, bernama Mehmet Ozyurek. Akan tetapi panjang hidungnya hanya 8,8 sentimeter.

Setelah foto patung lilin Thomas Wedders di pameran “Ripley's Believe It or Not” dan dibagikan di Reddit, ribuan pengguna media sosial ramai memberikan komentar.

Mereka menyuarakan keterkejutan mereka, yang mungkin tak banyak diungkapkan masyarakat pada masa hidup Thomas Wedders.

Di masa lalu, kondisi fisik Wedders menjadi perhatian sekaligus bahan lelucon. Ini terungkap dalam artikel sebuah majalah terbitan tahun 1896.

“Jika hidung secara seragam diakui dapat menentukan (status) pentingnya seorang individu, orang ini seharusnya layak mengumpulkan semua uang di Threadneedle Street (pusat keuangan Inggris) dan menaklukkan seluruh Eropa,” sindir artikel di Strand Magazine Vol. XI, mengomentari hidung Thomas.

Baca juga: [UNIK GLOBAL] Pria Terkotor di Dunia Meninggal | Kerja Gaji Rp 823 Juta Sepi Peminat

Menurut The Daily Star, tulisan satir dari majalah tersebut juga menduga-duga soal tingkat kecerdasan Wedders dengan ukuran hidung yang berlebih itu.

“(mungkin) semesta begitu lelah menjalankan tugasnya sehingga memberikan hidung ajaib ini tapi lupa memberinya otak,” tulis komentar sarkastik itu.

Artikel satir itu menyinggung catatan sejarah soal kehidupan Thomas Wedders, yang diketahui merupakan anggota sirkus keliling sesuai fakta yang ditulis situs web Rekor Dunia Guinness.

Detail soal kehidupan Thomas masih belum jelas. Namun pemain sirkus itu diperkirakan hidup pada 1770 dan meninggal di Yorkshire pada usia awal 50-an.

Menanggapi foto yang dibagikan tentang patung lilin pria itu, seorang pengguna Reddit yang terkejut bercanda: “Mereka mengatakan otak Anda secara otomatis mengabaikan melihat hidung Anda sendiri, tetapi saya tidak tahu apa pria ini juga mengalaminya.”

Yang lain justru mengungkap rasa keingintahuan mereka: “Apa yang sebenarnya terjadi di sini? Tumor? Pertumbuhan? Kecelakaan genetik acak?”

“Apakah lubang hidungnya memanjang sampai ke ujung?? Saya punya banyak pertanyaan…,” tulis yang lain.

Baca juga: Pertama di Dunia, Darah Buatan Lab Diberikan Pada Manusia, Mulai Masuk Proses Uji Klinis

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com