Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laporan Penyelidikan Serangan Capitol Segera Dirilis, Trump Terlibat?

Kompas.com - 18/11/2022, 08:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Komite Dewan Perwakilan Rakyat AS akan merilis laporannya terkait penyelidikan serangan 6 Januari 2021 di Capitol oleh mantan pendukung mantan presiden Donald Trump bulan depan.

Dilansir dari Reuters, pekerjaan panitia seleksi kemungkinan akan berakhir pada bulan Januari ketika Kongres baru yang dikendalikan oleh Partai Republik dilantik.

"Tujuan kami adalah menyelesaikannya segera sehingga kami dapat mencetaknya," kata Perwakilan Demokrat Bennie Thompson.

Baca juga: Trump Klaim Kekebalan Mutlak, Gugat Panggilan Sidang Penyerbuan Gedung Capitol

"Kami berencana untuk mengeluarkan ini sekitar bulan Desember," tambahnya.

Thompson juga telah menunjuk subkomite untuk menyelidiki masalah, termasuk panggilan pengadilan yang belum dijawab untuk Trump dan lainnya, dan apakah akan mengirim transkrip wawancara ke Departemen Kehakiman.

Komite memanggil Trump pada akhir audiensi publik terakhirnya pada bulan Oktober.

Trump awalnya mengatakan akan mematuhi, tetapi kemudian menuntut untuk menghindari bersaksi atau memberikan dokumentasi yang diminta, dan menolak hadir untuk deposisi.

Baca juga: Ketua DPR AS: Trump Tidak Cukup Jantan Penuhi Panggilan Sidang Kerusuhan Capitol

Audiensi publik komite di mana ia menanyai mantan pembantu Republik dan staf utama Gedung Putih tentang penyebab kerusuhan menjelaskan peran Trump dalam memprovokasi serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya di Capitol.

Kerusuhan itu dimaksudkan untuk menghentikan Kongres mengesahkan kemenangan Presiden Joe Biden tahun 2020, yang diklaim Trump sebagai hasil penipuan yang meluas.

Trump minggu ini meluncurkan pencalonan baru untuk Gedung Putih pada 2024.

Pemilih dalam pemilihan paruh waktu bulan ini menolak banyak kandidat dari Partai Republik yang mengulangi klaim penipuan pemilihan palsu Trump.

Baca juga: Donald Trump Resmi Dipanggil untuk Bersaksi dalam Penyelidikan Serangan Gedung Capitol

Hal ini memungkinkan Demokrat memegang kendali Senat dan menyiapkan panggung untuk mayoritas DPR Republik yang jauh lebih sempit dari perkiraan tahun depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com