Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tesla Laporkan Kecelalaan Fatal Baru, Apa yang Salah dari Fitur Autopilot?

Kompas.com - 16/11/2022, 20:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Tesla Inc mengatakan kepada regulator keselamatan otomotif AS bahwa pihaknya memiliki laporan tentang dua kematian kecelakaan baru pada mobil Model 3.

Kecelakaan terkait dengan sistem bantuan pengemudi canggih.

Dilansir dari Reuters, Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) pada bulan Juni mulai merilis data yang diberikan pembuat mobil tentang laporan kecelakaan yang terkait dengan sistem bantuan pengemudi seperti Autopilot Tesla.

Baca juga: Video Mobil Tesla Lepas Kendali di China, Tewaskan Sejumlah Orang, Baru Berhenti Setelah Tabrak Gedung

"NHTSA telah meninjau crash ini dan sedang melakukan tindak lanjut yang sesuai. NHTSA menggunakan banyak sumber data dalam proses penegakannya," kata badan itu Selasa (15/11/2022).

NHTSA mengeluarkan perintah pada Juni 2021 yang mewajibkan pembuat mobil dan perusahaan teknologi untuk segera melaporkan semua kecelakaan yang melibatkan sistem bantuan pengemudi lanjutan (ADAS) dan kendaraan yang dilengkapi dengan sistem penggerak otomatis yang diuji di jalan umum.

Regulator keselamatan mengatakan pada Selasa bahwa pihaknya menggunakan data yang dikirimkan oleh pembuat mobil berdasarkan pesanan 2021 sebagai bagian dari penyelidikannya.

Baca juga: Dinilai Membahayakan, Klaim Mengemudi Otomatis Tesla Diselidiki Otoritas Kriminal AS

Dari 18 kecelakaan fatal yang dilaporkan sejak Juli 2021 yang berkaitan dengan sistem bantuan pengemudi, hampir semuanya melibatkan kendaraan Tesla.

Badan tersebut telah menekankan bahwa crash dilacak oleh masing-masing pembuat mobil dengan cara yang berbeda dan tidak menganjurkan perbandingan kinerja di antara pembuat mobil, sebagian karena kurangnya metrik komprehensif untuk melacak seberapa luas setiap sistem digunakan atau bagaimana crash dilaporkan.

Secara terpisah, sejak 2016, NHTSA telah membuka 38 investigasi khusus atas kecelakaan yang melibatkan kendaraan Tesla di mana diduga digunakan sistem bantuan pengemudi canggih seperti Autopilot.

Secara keseluruhan, 19 kematian akibat kecelakaan telah dilaporkan dalam investigasi terkait Tesla tersebut.

Baca juga: Jokowi ke Media Asing: Ingin Tesla Produksi Mobil Listrik di Indonesia

Tesla tidak menanggapi permintaan komentar.

Dikatakan Autopilot memungkinkan kendaraan untuk mengerem dan mengarahkan secara otomatis di dalam jalurnya tetapi tidak membuat mereka mampu mengemudi sendiri.

Pada bulan Juni, NHTSA meningkatkan penyelidikan kerusakannya menjadi 830.000 kendaraan Tesla dengan Autopilot, langkah yang diperlukan sebelum dapat melakukan penarikan kembali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com