Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikuti IMARC Australia, Indonesia Promosikan Investasi Hulu dan Hilir Pertambangan

Kompas.com - 07/11/2022, 21:30 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

SYDNEY, KOMPAS.com - Untuk kali pertama Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia bersama KBRI Canberra, KJRI Sydney, IIPC Sydney, dan Australia-Indonesia Business Council (AIBC) berpartisipasi pada gelaran International Mining and Resources Conference & Expo (IMARC) yang diselenggarakan di International Convention Centre (ICC), Sydney, Australia pada Rabu-Jumat (2-4/11/2022).

Deputi Bidang Perencanaan Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM RI, Indra Darmawan, menggarisbawahi bahwa IMARC adalah salah satu event strategis untuk
menyampaikan berbagai perbaikan kebijakan investasi yang telah dilakukan.

Ini termasuk adanya Undang-Undang Cipta Kerja sejak November 2020 dan implementasinya berupa percepatan perizinan berusaha melalui sistem Online Single Submission (OSS) Berbasis Risiko di Kementerian Investasi/BKPM.

Baca juga: Kemeriahan Hari Sumpah Pemuda di Sydney, Generasi Muda Indonesia-Australia Aktif Terlibat

“Partisipasi Kementerian Investasi/BKPM dalam IMARC adalah untuk menyampaikan informasi reformasi kebijakan, khususnya dalam hal layanan perizinan berusaha melalui sistem OSS yang lebih cepat dan mudah. Selain itu, untuk mempromosikan potensi industri pertambangan, tidak hanya industri hulu namun juga pengembangan industri hilir yang saat ini menjadi prioritas pemerintah Indonesia dalam rangka menciptakan nilai tambah melalui beberapa proyek investasi yang siap ditawarkan,” ujar Indra, dalam rilis yang dikirim KJRI Sydney kepada Kompas.com, Senin (7/11/2022).

Partisipasi Indonesia dalam gelaran IMARC ini diawali dengan pendirian booth seluas 6 m x 3 m yang dimanfaatkan Kementerian Investasi/BKPM untuk mempromosikan peluang investasi di Indonesia dalam 5 proyek pengolahan hasil pertambangan, termasuk aluminium dan nikel.

PT Dahana, salah satu BUMN Indonesia turut menyediakan informasi terkait dengan potensi perusahaan dalam sektor jasa pertambangan.

Booth pameran delegasi Indonesia diresmikan melalui prosesi pengguntingan pita oleh sejumlah pejabat.

Baca juga: KJRI Sydney Terbitkan Paspor dengan Masa Berlaku 10 Tahun

Ini termasuk Duta Besar RI di Canberra, Siswo Pramono; Deputi Bidang Perencanaan Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM, Indra Darmawan; Konsul Jenderal RI di Sydney, Vedi Kurnia Buana; Direktur Promosi Wilayah Asia Tenggara, Australia, Selandia Baru, dan Pasifik Kementerian Investasi/BKPM, Saribua Siahaan; Kepala Indonesian Investment Promotion Centre (IIPC) Sydney, Haryo Yudho Sedewo; serta Chair–Minerals, Energy and Industry AIBC, Geoffrey Gold.

Sebagai side event partisipasi pada IMARC, Kementerian Investasi/BKPM RI menyelenggarakan kegiatan “Luncheon: Fostering Indonesia-Australia Investment in Mining, Resources, and Downstream Industries” yang dihadiri oleh 20 orang peserta.

Puluhan peserta itu terdiri dari perwakilan pemerintah dan pelaku usaha bidang pertambangan dan keuangan dari Indonesia dan Australia.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat hubungan investasi antara kedua negara dalam sektor pertambangan.

Dubes Siswo Pramono dalam sambutannya menyampaikan bahwa pertemuan tersebut dapat menjadi momentum untuk mewujudkan berbagai potensi kerja sama sektor pertambangan antara kedua negara.

Baca juga: 5 Fakta Menarik tentang Sydney Opera House yang Mungkin Belum Anda Ketahui

“Saya gembira melihat bagaimana pelaku usaha Australia telah menunjukkan ketertarikan mereka untuk mengembangkan industri kritikal baru di Indonesia. Dengan implementasi IA-CEPA, UU Cipta Kerja, serta upaya hilirisasi, berbagai peluang kerja sama terbuka lebar,” jelas dia.

Dalam kegiatan luncheon tersebut, Konjen RI Sydney, Vedi Kurnia Buana, menyampaikan kesiapan Pemerintah Indonesia dalam memfasilitasi para investor dari kedua negara.

“Pertambangan merupakan salah satu sektor investasi antara Indonesia dan Australia. KBRI, KJRI, dan IIPC Sydney akan siap sedia untuk memberikan asistensi kepada pelaku bisnis
dalam merealisasikan investasi dua arah di Indonesia dan Australia,” ujar Konjen Vedi Buana.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com