Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resepsi Diplomatik KJRI Chicago Jadi Ajang Promosi Batik

Kompas.com - 30/10/2022, 18:00 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

CHICAGO, KOMPAS.com - Dalam rangka mempromosikan batik dan merayakan HUT ke-77 Republik Indonesia, KJRI Chicago mengadakan Resepsi Diplomatik di Kantor KJRI pada Kamis (27/10/2022).

Resepsi diplomatik kali ini memang dibuat bukan hanya untuk menjadi ajang silaturahmi atau pengembangan jejaring antara KJRI Chicago dengan para mitra kerja diplomatik dan bisnis.

Resepsi diplomatik juga ditujukan untuk memamerkan galeri batik yang akan segera dibuka untuk publik dan produk–produk Indonesia mulai dari makanan, minuman, perhiasan, hingga kerajinan UMKM.

Baca juga: Saat KJRI Chicago Rela Tempuh 350 Km demi Perkenalkan Soto Betawi di Michigan...

Secara khusus dalam rangka memperingati momentum Hari Batik Nasional, KJRI Chicago mengadakan juga pagelaran busana batik yang menampilkan tiga butik dari Indonesia, yaitu Djadi Batik dari Yogyakarta, Tepa Selira dari Jakarta, serta Ozzy dan My Batik Shop yang berbasis di Chicago.

Dalam rangka mempromosikan batik dan merayakan HUT ke-77 Republik Indonesia, KJRI Chicago mengadakan Resepsi Diplomatik di Kantor KJRI pada Kamis (27/10/2022).KJRI Chicago Dalam rangka mempromosikan batik dan merayakan HUT ke-77 Republik Indonesia, KJRI Chicago mengadakan Resepsi Diplomatik di Kantor KJRI pada Kamis (27/10/2022).
Diiringi medley lagu daerah Indonesia yang diaransemen secara kontemporer, para model yang terdiri dari kawula muda Indonesia dan asing dari berbagai etnis berlenggok di aula KJRI Chicago.

Dalam keterangan tertulis yang dikirim KJRI Chicago kepada Kompas.com, Minggu (30/10/2022), peragaan busana tersebut berhasil memukau para tamu undangan yang hadir.

Komunitas Indonesia-Amerika ini diakui juga oleh Walikota Chicago.

Menurut dia, komunitas Indonesia-Amerika telah memberikan kontribusi penting pada perkembangan dan pertumbuhan kota Chicago.

Baca juga: Promosikan Indonesia, KJRI Chicago Ikuti Chicago and Travel Show 2022

“Saya merasa sangat terhormat untuk menyambut semua yang sudah berkumpul untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia. 17 Agustus adalah hari Kemerdekaan Indonesia dan kami mendorong semua komunitas di Chicago, khususnya Asian-American untuk ikut merayakan,” ucap Anel Marchan, Deputy Director Global Strategic Initiatives World Business Chicago, dalam pidatonya mewakili Wali kota Chincago Lightfoot.

Annel mengaku sangat terkesan dengan galeri batik yang ada di KJRI Chicago.

“Saya juga belajar banyak mengenai batik dan bagaimana Indonesia adalah pemimpin yang diakui UNESCO (mengenai batik),” ucap dia.

Konsul Jenderal RI di Chicago, Meri Binsar Simorangkir, menyebut kesempatan kali ini sangat spesial karena KJRI bukan hanya merayakan kemerdekaan Indonesia, tetapi juga Hari Batik Nasional.

Konjen Meri juga bercerita mengenai bagaimana batik adalah sesuatu yang sangat dibanggakan oleh masyarakat Indonesia, dan batik dikenakan di acara–acara penting sepanjang hidup, mulai dari kelahiran, pernikahan sampai kematian.

Baca juga: KJRI Chicago Gelar Lomba Desain Batik, Antar Batik Lebih Dekat ke Publik Amerika

“Nanti Galeri Batik ini juga akan dilengkapi dengan penayangan film pendek, virtual reliaty corner dan kelas musik dan kelas bahasa Indonesia,” jelas Konjen Meri.

Di akhir pidato, Konjen Meri menyampaikan undangan kepada semua yang hadir untuk datang ke Indonesia bersama keluarga tercinta.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com