Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 BUMN Indonesia Jajaki Peluang Kerja Sama Energi Terbarukan dengan Finlandia

Kompas.com - 29/10/2022, 12:30 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

HELSINKI, KOMPAS.com - Sebanyak delapan BUMN Indonesia melakukan kunjungan kerja ke Finlandia bersama Komisi VII DPR RI, untuk menjajaki peluang kerja sama di bidang energi terbarukan dan mineral dengan perusahaan lokal.

Penjajakan tersebut difasilitasi KBRI Helsinki melalui penyelenggaraan Indonesia–Finland Business Luncheon di Helsinki, 27 Oktober 2022.

BUMN Indonesia yang hadir yakni PT Pertamina (Persero), PT Pertamina Power Indonesia, PT PLN (Persero), PT PLN Indonesia Power, PT PLN Nusantara Power, PT ANTAM, PT Timah, dan PT Vale Indonesia.

Baca juga: Utusan Khusus AS Bertemu Luhut, Sepakati Percepatan Transisi Indonesia ke Energi Terbarukan

Terdapat tujuh perusahaan Finlandia yang berpartisipasi, yakni Wärtsilä, Metso Outotec, Neste, Sumitomo Energia, Clic Innovation, Terra Factory, dan SCS Consulting.

Business Luncheon juga dihadiri oleh pejabat Kementerian ESDM RI, Kementerian Perindustrian RI, Kementerian Ekonomi dan Ketenagakerjaan Finlandia, serta badan perdagangan, turisme, dan investasi Finlandia Business Finland.

Dikutip dari siaran pers KBRI Helsink, kegiatan Business Luncheon diikuti secara antusias oleh para undangan.

Metso Outotec yang memiliki investasi di Kabupaten Sidoarjo, Indonesia, mengapresiasi kerja sama yang telah terjalin. Perusahaan itu juga dapat mendukung teknologi smelter yang dibutuhkan Indonesia.

Adapun Wartsila menyampaikan kemampuannya dalam mengembangkan teknologi energi terbarukan yang fleksibel. Di samping itu, Sumitomo Energia tertarik membantu pengembangan teknologi biowaste dengan metode konversi waste-to-energy.

Dalam diskusi informal business-to-business, sejumlah perusahaan Finlandia juga antusias menjajaki peluang kerja sama di bidang energi hidrogen dan baterai dengan BUMN Indonesia.

Sepanjang lima tahun terakhir (2018-2022) proyek dan nilai realisasi investasi Finlandia di Indonesia cukup dinamis. Pada kurun 2018-2020 meningkat dari nilai 3,5 juta dollar AS melalui 20 proyek menjadi 3,8 juta dollar AS dalam 52 proyek.

Selama masa krisis energi Eropa tahun ini, tercatat investasi Finlandia di Indonesia hingga Juni 2022 menurun, tetapi terdapat kenaikan pada jumlah proyek di Indonesia yakni menjadi 36 buah.

Baca juga:

Indonesia dan Finlandia pada 2022 menyepakati Nota Kesepahaman mengenai Kerja Sama Energi Berkelanjutan, Bersih, dan Terbarukan serta Efisiensi Energi.

Dubes RI Ratu Silvy Gayatri memfasilitasi business matching antara Presiden Metal Business Metso Outotec Oy, Piia Karhu, dan PT Vale Indonesia, pada Indonesia-Finland Business Luncheon di Helsinki, 27 Oktober 2022. Komisi VII DPR RI bersama mitra Kementerian ESDM, Kementerian Perindustrian, serta BUMN energi dan pertambangan melakukan kunjungan kerja ke Helsinki, Finlandia, 27-28 Oktober 2022. KBRI HELSINKI Dubes RI Ratu Silvy Gayatri memfasilitasi business matching antara Presiden Metal Business Metso Outotec Oy, Piia Karhu, dan PT Vale Indonesia, pada Indonesia-Finland Business Luncheon di Helsinki, 27 Oktober 2022. Komisi VII DPR RI bersama mitra Kementerian ESDM, Kementerian Perindustrian, serta BUMN energi dan pertambangan melakukan kunjungan kerja ke Helsinki, Finlandia, 27-28 Oktober 2022.
Dubes RI untuk Finlandia dan Estonia Ratu Silvy Gayatri mengatakan, Nota Kesepahaman merupakan payung kerja sama kedua negara yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi krisis energi saat ini.

“Melalui Business Luncheon, diharapkan entitas bisnis kedua negara dapat semakin banyak menciptakan proyek-proyek konkret,” ujar Dubes Ratu Silvy Gayatri.

Mendukung pernyataan Dubes RI, Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Soerpano memandang kemajuan teknologi Finlandia dapat mendukung transformasi energi fosil menjadi energi terbarukan di Indonesia.

Untuk mendorong investasi perusahaan dari sektor tersebut ke Tanah Air, Eddy merasa perusahaan Finlandia perlu lebih familiar dengan peraturan dan iklim bisnis di Indonesia.

Di samping energi terbarukan, Indonesia juga mengajak perusahaan Finlandia berinvestasi pada bidang mineral, khususnya di dua bidang prioritas, yakni refinery project dan green metals.

Berkat perubahan terbaru regulasi tentang mineral dan insentif bagi pemegang izin, menurut Direktur Pembinaan Pengusahaan Mineral Kementerian ESDM Dr Ir Ediar Usman, iklim investasi sektor mineral di Indonesia menjadi lebih menarik.

Baca juga: Dampak Perang Rusia-Ukraina, Apakah Berujung Transisi Energi Terbarukan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com