Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Planet Mars Ditabrak Meteorit, Sebabkan Gempa M 4

Kompas.com - 28/10/2022, 09:05 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Para ilmuwan NASA pada Kamis (27/10/2022) mengungkapkan, planet Mars pernah ditabrak meteorit yang menyebabkan gempa bermagnitudo 4.

Peristiwa ini terjadi pada 24 Desember 2021 dan terdeteksi oleh pesawat luar angkasa NASA yaitu InSight, yang mendarat di "Planet Merah" empat tahun lalu.

Asal sebenarnya dari marsquake ini baru bisa dikonfirmasi ketika Mars Reconnaissance Orbiter (MRO) dapat mengambil gambar dari kawah yang baru terbentuk oleh tubrukan meteorit, ketika terbang di atas lokasi kurang dari 24 jam kemudian.

Baca juga: Wahana Penjelajah Mars Hasilkan Oksigen Secara Signifikan

Gambar itu menunjukkan balok es dimuntahkan ke permukaan planet di sekitar lubang selebar 150 meter dengan kedalaman 21 meter.

Kawah tersebut adalah yang terbesar yang pernah diamati sejak MRO mulai mengorbit di Mars 16 tahun lalu.

Meskipun tabrakan meteorit di Mars tidak jarang terjadi, "kami tidak pernah berpikir akan melihat sesuatu yang sebesar itu," kata Ingrid Daubar yang bekerja pada misi InSight dan MRO, kepada wartawan dalam konferensi pers pada Kamis, dikutip dari kantor berita AFP.

Baca juga:

Para peneliti memperkirakan, meteorit itu berukuran antara 16-39 kaki (4,8-11,8 meter). Obyek sebesar itu jika memasuki Bumi akan hancur di atmosfer sebelum jatuh ke daratan.

"Ini tabrakan meteorit terbesar di darat yang kami dengar sejak sains dilakukan dengan seismograf atau seismometer," kata profesor planetologi Philippe Lognonne, yang berpartisipasi dalam dua studi terkait dengan pengamatan yang diterbitkan dalam jurnal Science pada Kamis (27/10/2022).

NASA kemudian merilis rekaman audio planet Mars ditabrak meteorit, dibuat dengan mempercepat getaran yang dikumpulkan oleh seismometer.

Baca juga: Heboh Pemuda Mengaku Alien dari Mars, Hafal Seluk Beluk Luar Angkasa


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com