Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beredar Kisah Dramatis Ibu Mertua Rishi Sunak Balas Budi ke Orang Setelah Jadi Sukses, Benarkah?

Kompas.com - 26/10/2022, 11:01 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

KOMPAS.com – Beredar informasi di dunia maya, termasuk lewat aplikasi perpesanan WhatsApp, yang menceritakan kisah "dramatis" ibu mertua Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak, Sudha Murti, yang balas budi kepada orang yang membantunya.

Pesan itu menceritakan Sudha Murti kecil, dengan nama kecil Chitra, di India yang tertangkap basah tidak memiliki tiket kereta untuk pergi. Kemudian ada seorang wanita yang berprofesi sebagai dosen membantunya.

Keduanya kemudian bertemu lagi bertahun-tahun kemudian. Mereka bertemu lagi dan Sudha Murti telah menjadi orang yang sukses.

Baca juga: Biden dan Rishi Sunak Sepakat Dukung Ukraina dan Lawan China

Narasi yang beredar

Tangkapan layar sebuah pesan di aplikasi perpesanan WhatsApp yang menceritakan kisah ibu mertua Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak, Sudha Murti.TANGKAPAN LAYAR WHATSAPP Tangkapan layar sebuah pesan di aplikasi perpesanan WhatsApp yang menceritakan kisah ibu mertua Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak, Sudha Murti.

Dalam pesan tersebut awalnya menceritakan Chitra tidak mampu membeli tiket kereta dari Mumbai ke Bagalore, India. Dia nekat bersembunyi di bawah kursi penumpang namun tertangkap pejaga.

Seorang dosen bernama Usha Bhattacharya tiba-tiba datang dan membelikannya tiket. Setibanya di Bangalore, Sudha Murti dititipkan ke sebuah LSM untuk dirawat.

Singkat cerita, keduanya hilang kontak dan bertemu lagi di San Francisco, AS, bertahun-tahun kemudian. Chitra ternyata menjadi orang yang sukses dan namanya menjadi Sudha Murti.

Sudha Murti membayar tagihan restoran dari Usha Bhattacharya dan berterima karena telah mengubah hidupnya lewat tiket kereta waktu itu.

Baca juga: PM Inggris Rishi Sunak Menghadap Raja Charles III, Janji Perbaiki Kesalahan Pendahulu

Sudha Murty menikah dengan Narayan Murty yang di dalam cerita mendirikan perusahaan perangkat lunak Infosys yang bernilai jutaan dollar AS.

Salah satu anak dari pasangan tersebut bernama Akshata Murty yang kemudian menikah dengan Rishi Sunak.

Kisah ini juga tayang di website pepnews.com yang dipublikasikan pada 3 Agustus 2022 dengan judul Tiket yang Mengubah Hidup.

Dalam kisah yang diunggah website tersebut, Rishi Sunak belum menjadi Perdana Menteri Inggris.

Baca juga: Rishi Sunak Terpilih Jadi PM Inggris, Ini Komentar Ayah Mertuanya yang Tenar sebagai Crazy Rich India

Penelusuran Kompas.com

Kisah tersebut merupakan terjemahan dari unggahan di Facebook oleh pengguna Subhash Chandra Malik yang dipublikasikan pada 28 Juli 2022.

Oleh Facebook, kisah tersebut dikategorikan sebagai informasi salah alias false information berdasarkan penelusuran tim pengecek fakta independen.

Sementara itu, NewsMeter juga melakukan pencarian mengenai unggahan di Facebook tersebut dan menemukan cerita yang sama di blog The Speaking Tree yang merupakan publikasi dari Times of India.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com