Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rishi Sunak Terpilih Jadi PM Inggris, Ini Komentar Ayah Mertuanya yang Tenar sebagai Crazy Rich India

Kompas.com - 25/10/2022, 17:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber CNA

NEW DELHI, KOMPAS.com - Rishi Sunak akan melakukan yang terbaik untuk Inggris setelah ia mengambil alih jabatan perdana menteri pada Selasa (25/10/2022).

Hal ini disampaikan ayah mertuanya, miliarder India NR Narayana Murthy, yang dikenal sebagai pendiri raksasa perangkat lunak Infosys.

Dilansir dari CNA, Sunak, 42 tahun, merupakan seorang penganut Hindu yang menelusuri akarnya ke India, akan menjadi perdana menteri kulit berwarna pertama Inggris dan pemimpin termuda di zaman modern.

Baca juga: Mengenal Akshata Murty Istri Rishi Sunak, Putri Pengusaha Kaya Raya “Bill Gates dari India”

Naiknya Sunak menyenangkan orang India. Perdana Menteri Narendra Modi mengatakan dia berharap hubungan kedua negara akan meningkat lebih jauh.

"Selamat kepada Rishi," kata Murthy, yang dinilai Forbes punya kekayaan sebesar 4,5 miliar dollar AS, dalam sebuah pernyataan.

"Kami bangga padanya dan kami berharap dia sukses. Kami yakin dia akan melakukan yang terbaik untuk rakyat Inggris," tambahnya.

Banyak politisi India juga memuji pengangkatan Sunak sebagai prestasi bersejarah dan luar biasa dan dia menjadi trending di Twitter di India pada Senin (24/10/2022) malam.

Baca juga: Optimisme Joe Biden atas Terpilihnya Rishi Sunak jadi PM Inggris

Istri Sunak, Akshata Murthy adalah warga negara India, dengan saham 0,93 persen di Infosys senilai sekitar 721 juta dollar AS.

Kekayaan pasangan itu telah menjadi isu yang memecah belah publik Inggris.

Pengungkapan bahwa dia belum membayar pajak Inggris atas pendapatan asingnya melalui status tidak berdomisili telah mendera Sunak dalam pencalonan sebelumnya untuk posisi perdana menteri.

Baca juga: Kehidupan Sempurna PM Inggris Rishi Sunak: Brilian Saat Kuliah, Nikahi Istri Kaya Raya, Moncer Karier Politiknya

Kemudian istrinya mengatakan Sunak akan mulai membayar pajak Inggris atas pendapatan globalnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNA

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com