Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukraina Terkini: Kyiv Berlakukan Pemadaman Listrik Bergilir, Dampak Serangan Rusia

Kompas.com - 23/10/2022, 19:28 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

KYIV, KOMPAS.com - Operator energi Kyiv mengatakan pada Minggu (23/10/2022), bahwa kebijakan pemadaman listrik bergilir atau terjadwal telah diperkenalkan di Ibu Kota Ukraina.

Kebijakan ini diambil setelah terjadi serangan Rusia berulang-ulang pada infrastruktur energi Ukraina.

"Pada 23 Oktober, penghentian stabilisasi diperkenalkan di Kyiv oleh operator energi nasional Ukrenergo untuk menghindari kerusakan atau kehancuran," kata perusahaan energi DTEK dalam sebuah pernyataan di situsnya, dikutip dari AFP.

Baca juga: Ukraina Terkini: Rusia Disebut Luncurkan Serangan Besar-besaran Baru, Targetkan Jaringan Energi Ukraina

DTEK menjelaskan pemberlakuan pemadaman listrik dimulai dari 11.13 pagi (0813 GMT) dengan konsumen di Kyiv dibagi menjadi tiga kelompok yang akan mengalami pemutusan listrik untuk jangka waktu tertentu.

DTEK menambahkan bahwa pemadaman semestinya berlangsung tidak lebih dari empat jam, tetapi bisa lebih lama karena skala kerusakan pada sistem daya listrik.

DTEK menegaskan kembali seruan bagi warga untuk menggunakan listrik secara hemat dan bagi bisnis untuk membatasi penggunaan penerangan eksternal.

Sebelumnya, Kepresidenan Ukraina menyebut, lebih dari satu juta rumah tangga di Ukraina telah tanpa listrik setelah serangan Rusia pada fasilitas energi di seluruh negeri pada Sabtu (22/10/2022).

Baca juga: Ukraina Terkini: Serentetan Ledakan Guncang Kharkiv dan Zaporizhzhia

Rusia dalam beberapa hari terakhir telah berulang kali menargetkan jaringan energi Ukraina, menghancurkan setidaknya sepertiga dari pembangkit listrik negara itu menjelang musim dingin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com