Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Donald Trump Resmi Dipanggil untuk Bersaksi dalam Penyelidikan Serangan Gedung Capitol

Kompas.com - 22/10/2022, 09:16 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Reuters

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump resmi dipanggil untuk bersaksi di bawah sumpah dan memberikan dokumen kepada komite Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), yang menyelidiki serangan Gedung Capitol pada 6 Januari 2021 oleh para pendukungnya.

Komite mengatakan telah mengirim panggilan pengadilan kepada Trump, yang meminta dia menyerahkan dokumennya ke panel pada 4 November dan memerintah presiden ke-45 AS itu untuk memberikan kesaksian deposisi dimulai pada atau sekitar 14 November.

Kesaksian deposisi sering mengacu pada pertanyaan tertutup terkait rekaman video dari seorang saksi yang telah terhimpun. Kesaksian tersebut dapat dipublikasikan dan menjadi bagian dari laporan akhir oleh panel khusus.

Baca juga: Donald Trump Sebut Serangan ke Gedung Capitol sebagai Hoaks

“Seperti yang ditunjukkan dalam audiensi kami, kami telah mengumpulkan banyak bukti, termasuk dari lusinan mantan pejabat dan staf Anda, bahwa Anda secara pribadi mengatur dan mengawasi upaya multi-bagian untuk membatalkan pemilihan presiden 2020 dan untuk menghalangi transisi kekuasaan yang damai,” komite menulis dalam sebuah surat kepada Trump pada Jumat (21/10/2022).

Komite sedang mencari berbagai dokumen dari Trump yang akan merinci komunikasi yang mungkin dia miliki selama beberapa bulan menjelang kerusuhan 6 Januari dan seterusnya dengan anggota parlemen, anggota Oath Keepers and Proud Boys.

Juga termasuk komunikasi dengan rekanan dan mantan pembantunya di pemerintahan, termasuk Roger Stone, Steve Bannon, Michael Flynn dan Rudy Giuliani.

Dokumen tambahan, pesan teks, dan komunikasi lain yang sedang dicari terkait dengan informasi yang merinci kemungkinan perjalanan orang ke Capitol pada 6 Januari 2021.

Khususnya komunikasi yang berkaitan dengan upaya mendorong badan legislatif negara bagian atau anggota parlemen untuk mengambil tindakan yang akan menunda sertifikasi Kongres atas pemilihan presiden atau perubahan di negara bagian yang akan mengesahkan daftar "pemilih" alternatif yang akan mendukung penamaan Trump sebagai pemenang pemilihan 2020.

Baca juga: Temuan Baru Kerusuhan Gedung Capitol, Secret Service AS Hapus Pesan Teks 5-6 Januari 2021

Bagaimana tanggapan Trump ?

Trump, yang secara teratur menyebut panel tersebut sebagai "komite yang tidak dipilih," telah menuduhnya melancarkan serangan politik yang tidak adil terhadapnya, sambil menolak untuk menyelidiki tuduhannya atas kecurangan pemilu yang meluas.

Dia diperkirakan tidak mungkin bekerja sama dengan panggilan pengadilan, dan hanya bisa mencoba menghabiskan waktu komite, yang mandatnya kemungkinan akan berakhir awal tahun depan jika Partai Republik memenangkan mayoritas di DPR dalam pemilihan paruh waktu November.

Ribuan pendukung Trump menyerang Capitol pada 6 Januari 2021, setelah Trump menyampaikan pidato berapi-api di rapat umum dekat Gedung Putih yang menampilkan klaim palsu bahwa kekalahannya dalam pemilihan presiden 2020 oleh Demokrat Joe Biden adalah hasil penipuan.

Serangan itu memperlihatkan perusuh menghancurkan kaca dan melawan polisi. Lima orang termasuk seorang polisi tewas selama atau tak lama setelah kerusuhan, lebih dari 140 polisi terluka.

Gedung Capitol juga menderita kerusakan jutaan dolar, sementara Wakil Presiden saat itu Mike Pence, anggota Kongres dan staf dikirim untuk menyelamatkan diri.

Baca juga: Gedung Capitol AS Evakuasi Mendadak karena Peringatan Ancaman Pesawat, Senat Marah-marahPengumuman komite datang beberapa jam setelah Steve Bannon, mantan penasihat Trump, dijatuhi hukuman empat bulan penjara federal karena menolak bekerja sama dengan penyelidikan panel.

Dia bagaimanapun bisa tetap bebas menunggu bandingnya. Baca selengkapnya

Testimoni presiden AS sebelumnya

Halaman:
Sumber Reuters

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com