Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

92 Migran Gelap Ditemukan Telanjang di Perbatasan Turkiye

Kompas.com - 17/10/2022, 22:03 WIB
Aditya Jaya Iswara

Editor

Penulis: VOA Indonesia

ATHENA, KOMPAS.com - Polisi Yunani telah menyelamatkan 92 migran gelap yang ditemukan dalam keadaan telanjang, dan sebagian mengalami cedera, dekat perbatasan Turkiye, kata polisi pada Sabtu (15/10/2022).

Para migran itu, semuanya laki-laki, ditemukan dekat Sungai Evros yang menandai perbatasan antara Yunani dan Turkiye pada Jumat (14/10/2022), kata polisi Yunani dalam pernyataan.

Sebuah penyelidikan oleh polisi Yunani dan para pejabat dari dinas perbatasan Uni Eropa, Frontex, mendapati bahwa para migran itu menyeberangi sungai tersebut ke wilayah Yunani naik kapal karet kecil dari Turkiye, kata polisi.

Baca juga: Protes Gaji Tak Dibayar Berbulan-bulan, Pekerja Migran di Qatar Dideportasi

"Polisi perbatasan...menemukan 92 migran gelap tanpa pakaian, sebagian memiliki luka-luka di tubuh mereka," kata pernyataan itu. Belum jelas bagaimana dan mengapa para pria itu tak berpakaian.

Menteri Migrasi Yunani Notis Mitarachi mengatakan lewat Twitter bahwa perlakuan Turkiye terhadap para migran merupakan hal yang "memalukan bagi peradaban." Ia mengatakan Athena mengharapkan Ankara akan menyelidiki insiden itu.

Pihak berwenang Turkiye belum segera berkomentar.

Baca juga: Hubungan Yunani-Turkiyeye Memanas, Ada Potensi Perang Seperti Rusia-Ukraina

Artikel ini pernah dimuat di VOA Indonesia dengan judul Polisi Yunani Temukan Puluhan Migran Tanpa Busana di Perbatasan Turkiye.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com