Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raja Charles III Lawan Tradisi, Tolak Tinggal di Istana Buckingham

Kompas.com - 16/10/2022, 14:02 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Raja Charles III melawan tradisi Kerajaan Inggris dengan menolak tinggal di Istana Buckingham.

Sebagai gantinya, raja berusia 73 tahun yang meneruskan takhta Ratu Elizabeth II tersebut tetap tinggal di Clarence House, kediamannya saat ini, bersama Permaisuri Camilla.

Dikutip dari New York Post pada Sabtu (15/10/2022), Clarence House dapat dijangkau dengan berjalan kaki singkat dari Istana Buckingham.

Baca juga: Saat Raja Charles III Dapat Pulpen dari Warga Setelah Marah-marah karena Tinta Bocor

Penolakan Raja Charles III tinggal di Istana Buckingham ini melawan tradisi pemerintahan Ratu Elizabeth II.

Namun, simbol Royal Standard akan tetap berkibar di Istana Buckingham--selain Clarence House tentunya--karena menjadi markas operasional Raja Charles III.

Istana Buckingham saat ini masih dalam proses renovasi 10 tahun yang akan selesai pada 2027.

Buckingham telah menjadi kediaman resmi setiap penguasa Inggris sejak 1837. Ratu Elizabeth II tinggal di sana hingga Maret 2020, ketika pandemi memaksanya pindah dari pusat kota London ke Kastil Windsor.

Sumber Kerajaan Inggris mengatakan kepada Sunday Times bahwa Raja Charles sangat nyaman di Clarence House, yang sebelumnya ditempati oleh Ibu Ratu.

"Saya tahu dia bukan penggemar 'rumah besar', begitu dia menyebut istana," kata salah satu sumber.

Baca juga:

“Dia tidak melihatnya sebagai rumah masa depan yang layak atau rumah yang sesuai untuk tujuan di dunia modern. Dia merasa bahwa pemeliharaannya, baik dari segi biaya maupun lingkungan, tidak berkelanjutan.”

"Memang benar bahwa Camilla tidak ingin tinggal di Istana Buckingham," kata sumber lain.

Meski Raja Charles III tidak ingin Istana Buckingham menjadi kediaman pribadinya, seorang sumber kerajaan berujar kepada Sunday Times bahwa dia ingin membuatnya lebih terbuka untuk umum:

“Dia menyadari itu perlu terus berkembang, dan di era modern orang ingin dapat mengakses istana mereka. Dia menyukai itu dan melihatnya lebih sebagai tempat umum daripada ruang pribadi.”

Rencana lain yang sedang dipertimbangkan adalah Istana Buckingham menjadi ruang pameran permanen untuk menghormati rekor pemerintahan Ratu Elizabeth II.

Selain Clarence House, Raja Charles III juga dapat menggunakan rumah-rumah yang lain seperti Highgrove di Gloucestershire, Sandringham di Norfolk, dan Birkhall di perkebunan Balmoral.

Baca juga: 9 Istana Raja Inggris yang Diwariskan dari Ratu Elizabeth ke Charles

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com