Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diisukan Sempat Berbincang dengan Putin, Ini Jawaban Elon Musk

Kompas.com - 12/10/2022, 21:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber CNN

KOMPAS.com - CEO Tesla Elon Musk membantah klaim bahwa dia berbicara langsung dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dalam beberapa pekan terakhir tentang perang di Ukraina dan "rencana perdamaian" yang diusulkannya untuk mengakhiri konflik.

Berbicara kepada CNN pada hari Selasa (11/10/2022), ilmuwan politik Amerika Ian Bremmer, presiden perusahaan konsultan politik Eurasia Group, mengeklaim Musk mengatakan kepadanya secara langsung tentang percakapannya dengan Putin bulan lalu.

Namun, dalam sebuah tweet Selasa, Musk mengatakan dia tidak berbicara dengan Putin selama lebih dari setahun.

Baca juga: Setelah Rusia-Ukraina, Elon Musk Usulkan Rencana Penyelesaian Ketegangan China-Taiwan

"Saya telah berbicara dengan Putin hanya sekali dan itu sekitar 18 bulan yang lalu," tweet Musk.

Bremmer awalnya menolak berkomentar lebih lanjut tentang percakapannya dengan Musk, tetapi kemudian mengulangi klaimnya di Twitter.

“Elon Musk mengatakan kepada saya bahwa dia telah berbicara dengan Putin dan Kremlin secara langsung tentang Ukraina. Dia juga memberi tahu saya apa garis merah Kremlin itu,” tulis Bremmer.

Musk mencuit tanggapan singkat: "Tidak ada yang harus mempercayai Bremmer."

Baca juga: Elon Musk Menuai Kritik Serius atas Cuitannya tentang Ukraina

Eurasia Group adalah firma riset dan konsultan risiko politik yang melaporkan ekonomi negara berkembang dan maju.

Bremmer, yang sering dikutip oleh media arus utama, juga terlibat dengan organisasi internasional termasuk Forum Ekonomi Dunia.

Pertukaran itu terjadi setelah Musk men-tweet "rencana perdamaian Ukraina-Rusia" minggu lalu yang mencerminkan tuntutan yang berulang kali dibuat pejabat Kremlin dalam beberapa bulan terakhir.

Ini termasuk bahwa Kyiv berkomitmen pada netralitas militer, mengakui bahwa Crimea secara resmi adalah bagian dari Rusia, dan memastikan pasokan air yang berkelanjutan ke semenanjung yang dianeksasi oleh Moskwa pada 2014.

Baca juga: Berubah Pikiran Lagi, Elon Musk Siap Beli Twitter Sesuai Harga Awal

Tweet Musk disambut oleh Kremlin dan memicu kemarahan di antara pejabat pemerintah Ukraina, termasuk Presiden Volodymyr Zelensky, yang menyarankan dalam tweet bahwa Musk menyatakan dukungan untuk Rusia dengan proposalnya.

“F*** off adalah balasan saya yang sangat diplomatis untuk Anda,” tulis Duta Besar Ukraina untuk Jerman Andrij Melnyk dalam menanggapi utas Twitter Musk.

Dalam serangkaian tweet pada Selasa malam, Bremmer membela klaimnya dengan keras.

Baca juga: Saat Diplomat Ukraina Geram dengan Cuitan Elon Musk...

“Saya telah menulis buletin mingguan saya tentang geopolitik selama 24 tahun. Saya menulis dengan jujur tanpa rasa takut."

“Saya sudah lama mengagumi Musk sebagai pengusaha yang unik dan mengubah dunia, yang telah saya katakan secara terbuka. Dia bukan ahli geopolitik.”

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com