Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penculikan Satu Keluarga di California, Pelaku Ditahan dalam Kondisi Kritis, Korban Belum Ditemukan

Kompas.com - 05/10/2022, 22:59 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Guardian

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Polisi menemukan terduga pelaku penculikan satu keluarga di California, termasuk bayi berusia 8 bulan, sementara korban penculikan masih belum ditemukan hingga Selasa (4/10/2022).

Keluarga itu diculik Senin (3/10/2022) di bawah todongan senjata dari sebuah area bisnis di Merced, 201 kilometer tenggara San Francisco, menurut petugas itu tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Kantor sheriff wilayah Merced mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa penyelidik mengidentifikasi Jesus Salgado (48 tahun) setelah dia menggunakan kartu ATM korban.

Baca juga: Wanita Palsukan Penculikan Bareng Keluarga Pacar, Minta Tebusan Rp 752 Juta dari Ibu

Menurut Naindeep Singh, kepala organisasi komunitas Sikh setempat, keempatnya diculik dari pompa bensin dan toko serba ada yang mereka miliki.

Sheriff wilayah Merced Vernon Warnke mengatakan terduga pelaku itu menculik bayi atas nama Arohi Dheri; ibu anak itu, Jasleen Kaur (27 tahun); ayah Jasdeep Singh (36 tahun); dan paman Amandeep Singh (39 tahun), pada Senin (3/10/2022).

Detektif memperoleh foto pengawasan dari ATM di Atwater, sebuah kota sekitar 14 kilometer sebelah utara Merced, dan "orang itu mirip dengan foto pengawasan dari lokasi penculikan asli," kata kantor itu dalam sebuah pernyataan sebagaimana dilansir Guardian pada Rabu (5/10/2022).

Kantor sheriff telah merilis dua gambar diam dari kemungkinan tersangka yang terlihat dalam rekaman pengawasan, dan meminta bantuan publik untuk mengidentifikasi dia.

Baca juga: Video Detik-detik Penculikan Wali Kota Melitopol Ukraina oleh Rusia Dirilis

Detektif menerima informasi yang mengidentifikasi Salgado sebagai orang yang berkepentingan dan bahwa dia berusaha bunuh diri sebelum polisi tiba, kata pernyataan itu, tanpa menyebutkan di mana dia ditahan.

Kantor sheriff akan mengadakan konferensi pers pada Rabu (5/10/2022) untuk memberikan rincian lebih lanjut.

Naindeep Singh mengatakan keluarga telah meminta privasi. “Mereka terguncang dan khawatir tentang keluarga dan bayinya. Mereka sangat berduka,” katanya sebagaimana dilansir Guardian.

Warnke mengatakan penculik tidak membuat tuntutan tebusan atau kontak apa pun.

Sheriff mengatakan detektif berpikir penculik menghancurkan bukti yang tidak ditentukan dalam upaya untuk menutupi jejaknya.

Kantor sheriff mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Selasa (4/10/2022) bahwa petugas pemadam kebakaran pada Senin (3/10/2022) menemukan sebuah truk pickup milik Amandeep Singh yang terbakar.

Baca juga: Kisah Penculikan Dramatis Patty Hearst: Diculik Paksa, Dicuci Otak, Ikut Organisasi Kiri

Petugas departemen kepolisian Merced pergi ke rumah Singh di mana seorang anggota keluarga mencoba menghubungi dia dan pasangan itu.

Ketika mereka tidak dapat menghubungi anggota keluarga itu, mereka menelepon kantor sheriff wilayah Merced untuk melaporkan keluarga itu hilang, kata kantor tersebut.

Kantor sheriff mengatakan FBI, departemen kehakiman California dan lembaga penegak hukum lokal lainnya membantu penyelidikan.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com