Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zelensky Klaim Kemajuan di Ukraina Selatan, Puluhan Desa Berhasil Direbut Lagi

Kompas.com - 05/10/2022, 07:48 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

KYIV, KOMPAS.com - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Selasa (4/10/2022) mengatakan pasukannya membuat kemajuan yang cepat dan kuat di Ukraina selatan.

Dia menyebut pasukan Ukraina telah berhasil merebut kembali puluhan desa dari Rusia di wilayah selatan pekan ini.

"Tentara Ukraina cukup cepat dan kuat maju di selatan," kata Zelensky dalam pidato hariannya yang diunggah di media sosial, sebagaimana dikutip dari AFP.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-223 Serangan Rusia ke Ukraina: Korut Dukung Pencaplokan Rusia, Inggris Janji Ukraina Capai Kemenangan

Dia menambahkan bahwa puluhan pemukiman telah direbut kembali di Ukraina selatan dan Ukraina timur.

Zelensky mengungkap beberapa wilayah berhasil diambil kembali di wilayah Kherson, Luhansk, dan Donetsk, di mana referendum diadakan minggu lalu untuk dianeksasi oleh Rusia.

Kyiv dan Barat telah mencela referendum sebagai akal-akalan Rusia.

Sementara itu, peta terbaru yang diungkapkan oleh Rusia menunjukkan bahwa pasukannya telah meninggalkan banyak daerah di Kherson termasuk di sepanjang tepi barat Sungai Dnieper.

Di wilayah Kharkiv timur laut, pemetaan menunjukkan bahwa pasukan Rusia hampir seluruhnya meninggalkan tepi timur Sungai Oskil di mana mereka mempertahankan pijakan.

Baca juga:

"Tentara kami tidak berhenti. Dan hanya masalah waktu sebelum kami mengusir penjajah dari seluruh tanah kami," kata Zelensky.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com