Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/10/2022, 10:45 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber Reuters

JILIB, KOMPAS.com - Militer Amerika Serikat (AS) membunuh pemimpin kelompok milisi Al Shabaab dengan serangan udara di Somalia pada akhir pekan lalu.

Menurut Pemerintah Somalia, pemimpin itu juga merupakan salah satu pendiri gerakan terkait Al Qaeda tersebut yang menewaskan puluhan ribu orang dalam pemboman sejak 2006.

Somalia menamakannya sebagai Abdullahi Nadir, kepala jaksa Al Shabaab, yang disebut akan menggantikan pemimpin kelompok itu yang sakit, Ahmed Diriye.

Baca juga: Militan Al-Shabaab Serbu Hotel di Ibu Kota Somalia, 13 Orang Tewas

Sejauh ini belum ada komentar langsung tentang serangan tersebut dari Al Shabaab.

"Kematian Nadir adalah duri yang disingkirkan dari bangsa Somalia," kata Kementerian Informasi Somalia dikutip dari Reuters pada Selasa (4/10/2022).

"Pemerintah berterima kasih kepada rakyat Somalia dan teman-teman internasional yang kerja samanya memfasilitasi pembunuhan pemimpin yang merupakan musuh bangsa Somalia ini."

Komando Afrika dari AS mengatakan, mereka melakukan serangan udara di dekat Jilib, sekitar 370 km barat daya ibu kota Mogadishu pada Sabtu (1/10/2022).

Baca juga:

Pasukan keamanan Somalia--yang didukung oleh pasukan AS, drone, dan misi penjaga perdamaian Uni Afrika--menggembar-gemborkan kemajuan yang dibuat dalam beberapa pekan terakhir melawan Al Shabaab.

Namun, milisi tersebut--yang hendak menggulingkan pemerintah dukungan Barat dan menerapkan interpretasi hukum agama mereka sendiri--terus melakukan serangan mematikan, termasuk dua pada Jumat (30/9/2022) yang menewaskan sedikitnya 16 orang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Reuters

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com