Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/10/2022, 14:45 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Staf Donald Trump di Gedung Putih belum mengembalikan cacatan kepresidenan milk pemerintah, kata Badan Arsip Nasional AS kepada Kongres.

"Meskipun tidak ada cara mudah untuk menetapkan akuntabilitas absolut, kami tahu bahwa kami seharusnya tidak melakukan pengejaran," kata penjabat Badan Arsip AS, Debra Steidel Wall, dalam surat kepada anggota DPR AS Carolyn Maloney, politisi Demokrat yang mengepalai Panitia Pengawas DPR.

Dikutip dari kantor berita AFP, surat itu--yang tertanggal Jumat (30/9/2022) tetapi dipublikasikan oleh media AS pada Sabtu (1/10/2022) malam--tidak mengidentifikasi siapa staf Gedung Putih yang dimaksud.

Baca juga: Arsip Nasional AS Mengaku Masih Kehilangan Sejumlah Catatan Administrasi Trump

Namun, dikatakan bahwa beberapa staf menggunakan akun pesan elektronik pribadi untuk melakukan urusan resmi, dan tidak menyerahkan pesan-pesan itu seperti yang dipersyaratkan sesuai hukum.

Wall mengatakan dalam suratnya, Badan Arsip Nasional--yang bertugas menjaga catatan pemerintah--akan berkonsultasi dengan Kementerian Kehakiman tentang kemungkinan tindakan hukum untuk pemulihan catatan yang dipindah secara tidak sah.

Surat Wall, yang dikirim sebagai tanggapan permintaan Maloney untuk pembaruan upaya hukum atas materi sensitif yang dibawa dari Gedung Putih oleh Trump, tidak mengatakan apakah mantan presiden tersebut telah menyerahkan semua dokumen.

Dia merujuk Maloney ke Kementerian Kehakiman mengingat penyelidikan yang sedang berlangsung.

Baca juga:

Setelah upaya berulang kali oleh pemerintah federal untuk mengamankan semua dokumen yang dibawa Trump--dan setelah pengacaranya bersikeras semuanya telah dikembalikan--satu tim FBI pada Agustus 2022 menggeledah tanah miliknya di Mar-a-Lago, Florida, dan menemukan lebih dari 10.000 catatan. Banyak di antaranya yang bertanda rahasia.

Trump mengeklaim bahwa banyak dari dokumen itu bersifat pribadi atau ditutupi oleh hak istimewa presiden.

Kementerian Kehakiman AS lalu mengambil tindakan hukum untuk mengamankan catatan dari satu ajudan Trump, mantan penasihat perdagangannya yaitu Peter Navarro.

Navarro secara terpisah didakwa karena menolak bekerja sama dengan penyelidikan kongres atas serangan 6 Januari 2021 di Gedung Capitol.

Baca juga: FBI Temukan Lebih dari 11.000 Catatan Pemerintah di Rumah Trump

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com