Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayah Mahsa Amini Sebut Pihak Berwenang Iran Bohong Terkait Kematian Putrinya

Kompas.com - 23/09/2022, 10:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber CNN

TEHERAN, KOMPAS.com - Ayah dari seorang wanita Iran yang meninggal dalam tahanan polisi pekan lalu menuduh pihak berwenang berbohong tentang kematiannya.

Dilansir CNN, protes berkecamuk di seluruh negeri meskipun pemerintah berupaya untuk mengekang perbedaan pendapat dengan pemadaman internet.

Amjad Amini, yang putrinya Mahsa meninggal setelah ditangkap di Teheran oleh polisi moral, mengatakan dokter menolak untuk membiarkannga melihat putrinya setelah kematiannya.

Baca juga: Protes Kematian Mahsa Amini Dianggap Ilegal, Iran Tak Ragu Tuntut Demonstran

Pejabat Iran mengklaim dia meninggal setelah menderita "serangan jantung" dan koma, tetapi keluarganya mengatakan dia tidak memiliki kondisi jantung yang sudah ada sebelumnya, menurut berita Emtedad, outlet media pro-reformasi Iran.

Skeptisisme publik atas laporan pejabat tentang kematiannya telah memicu curahan kemarahan yang telah tumpah menjadi protes mematikan.

"Mereka berbohong. Mereka berbohong. Semuanya bohong ... tidak peduli berapa banyak saya memohon, mereka tidak akan membiarkan saya melihat putri saya," kata Amjad Amini kepada BBC Persia, Rabu.

Baca juga: UPDATE Demo Iran: 17 Orang Tewas, Unjuk Rasa 6 Malam Berturut-turut

Ketika dia melihat tubuh putrinya menjelang pemakamannya, itu seluruhnya dibungkus kecuali kaki dan wajahnya, meskipun dia melihat memar di kakinya.

"Saya tidak tahu apa yang mereka lakukan padanya," katanya.

Rekaman CCTV yang dirilis oleh media pemerintah Iran menunjukkan Mahsa Amini pingsan di sebuah pusat "pendidikan ulang" di mana dia dibawa oleh polisi moral untuk menerima "bimbingan" tentang pakaiannya.

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Demo Pecah di 15 Kota Iran Usai Kematian Mahsa Amini | Trump Tipu Otoritas AS

Kematiannya telah memicu curahan kemarahan yang semakin membesar untuk memasukkan isu-isu mulai dari kebebasan di Republik Islam itu hingga dampak sanksi ekonomi yang melumpuhkan.

Protes dan bentrokan mematikan dengan polisi telah pecah di kota-kota besar dan kecil di seluruh Iran, meskipun pihak berwenang berupaya untuk mengekang penyebaran demonstrasi melalui pemadaman internet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com