Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER GLOBAL] Gempa Besar Meksiko | Penjelasan Jokowi Tak Hadiri Pemakaman Ratu Elizabeth II

Kompas.com - 21/09/2022, 05:29 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

KOMPAS.com – Berita mengenai kejadian gempa Meksiko bermagnitudo 7,6 pada Senin (19/9/2022) memuncaki daftar Populer Global kali ini.

Gempa ini nyatanya terjadi saat Meksiko sedang memperingati dua gempa besar sebelumnya yang terjadi pada tanggal yang sama, yakni 19 September, hanya di tahun 1985 dan 2017.

Berita internasional yang paling banyak dibaca selanjutnya, yakni terkait penjelasan Presiden Jokowi tak hadiri prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II di London.

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Pemakaman Ratu Elizabeth II | Update Gempa Taiwan

Untuk lebih lengkapnya, berikut rangkuman Populer Global edisi Selasa (20/9/2022) hingga Rabu (21/9/2022) pagi yang dapat Anda simak:

1. Gempa Meksiko M 7,6 Berguncang Saat Hari Peringatan 2 Gempa Besar

Gempa Meksiko pada Senin (19/9/2022) mengguncang bagian barat negara itu saat hari peringatan dua gempa besar 1985 dan 2017.

Badan seismologi nasional melaporkan, gempa Meksiko ini berkekuatan 7,4, sedangkan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) memperkirakannya bermagnitudo 7,6.

Pusat gempa Meksiko terletak 59 kilometer selatan Coalcoman di negara bagian Michoacan, pantai Pasifik, beberapa ratus kilometer barat Mexico City, menurut para seismolog Meksiko.

Baca selengkapnya di sini

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Tentara Ukraina Poles Tank Rusia | Masa Depan Negara Persemakmuran di Bawah Raja Charles III

2. Indonesia Diundang ke Pemakaman Ratu Elizabeth II, Ini Penjelasan Presiden Jokowi Tak Hadir

Indonesia diundang ke pemakaman Ratu Elizabeth II pada Senin (19/9/2022), tetapi bukan Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang hadir.

Kehadiran Indonesia diwakili oleh Duta Besar RI untuk Inggris, Desra Percaya.

"Akan dihadiri oleh Dubes RI untuk UK (Inggris), Dubes Desra Percaya," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia Teuku Faizasyah saat dihubungi Kompas.com, Senin (19/9/2022) siang.

Baca selengkapnya di sini

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Mobil Zelensky Kecelakaan | Raja Charles Marah

3. Alasan Kenapa Pangeran Harry Tidak Hormat ke Peti Mati Ratu Elizabeth II

Pangeran Harry tidak melakukan hormat saat peti mati ratu Elizabeth II diangkut keluar dari Wellington Arch di pusat kota London ke Windsor.

Saat itu Raja Charles III, Putri Anne, dan Pangeran William dengan seragam militer beserta keluarga Kerajaan juga ratusan prajurit memberikan hormat dalam pemakaman Ratu Elizabeth II.

Selain Pangeran Harry, Pangeran Andrew juga tidak melakukan hormat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com