Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

T-90M, Salah Satu Tank Terbaik Rusia Ditinggal dalam Kondisi Sempurna, Ditemukan Ukraina

Kompas.com - 20/09/2022, 18:35 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Newsweek

KYIV, KOMPAS.com - Pasukan Ukraina menemukan salah satu tank paling canggih Rusia dalam "kondisi sempurna" ditinggalkan di wilayah Kharkiv timur, di mana serangan balasan Ukraina dilaporkan telah memaksa tentara Rusia untuk melarikan diri.

Kementerian Pertahanan Ukraina membagikan gambar tank T-90M, yang satu sisi menunjukkan huruf "Z" putih, simbol yang mewakili sentimen pro-invasi.

T-90M adalah versi terbaru dari tank tempur utama T-90 Rusia.

Baca juga: Ukraina Sebut Rusia Lakukan Terorisme Nuklir Pasca-ledakan Dekat PLTN

"Kami meminta pemiliknya untuk menghubungi #UAarmy. Harap mengidentifikasi diri Anda dengan tanda: bendera putih," tulis kementerian Ukraina mengumumkan penemuan itu di Twitter pada Minggu (18/9/2022).

Penemuan T-90M oleh Ukraina dalam kondisi baik dapat menimbulkan masalah tambahan bagi Moskwa, yang secara keseluruhan telah kehilangan ribuan tank menurut perkiraan Ukraina dalam lebih dari enam bulan perang.

Newsweek mewartakan, staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina mengatakan dalam pembaruan pada Senin (19/9/2022) di Facebook bahwa 2.212 tank Rusia telah dieliminasi sejak serangan Rusia ke Ukraina pada 24 Februari.

Temuan salah satu tank terbaik Rusia dalam kondisi baik, bukannya hancur, kini memberikan negara yang dilanda perang itu kesempatan untuk menggunakannya melawan agresor.

Meski begitu, Kementerian Pertahanan Ukraina tidak mengatakan apakah ada rencana untuk memanfaatkannya.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-208 Serangan Rusia ke Ukraina: Temuan Ruang Penyiksaan | Kuburan Massal Izyum

Pada awal Mei, beberapa hari setelah Ukraina pertama kali melaporkan kehadiran T-90M Rusia di negara itu, seorang jurnalis berbagi foto di media sosial tentang apa yang dikatakan para ahli sebagai kehilangan pertama yang dikonfirmasi dari salah satu tank.

Kurang dari seminggu kemudian, Kementerian Pertahanan Ukraina merilis sebuah video yang menunjukkan penghancuran T-90M lainnya di Kharkiv menggunakan peluncur granat anti-tank genggam Carl Gustaf Swedia.

Sementara Ukraina kini telah mendapatkan kembali tanah di Kharkiv, ia juga dilaporkan menemukan sejumlah peralatan yang ditinggalkan oleh tentara Presiden Rusia Vladimir Putin saat melarikan diri dari daerah tersebut.

Dinas Keamanan Ukraina (SBU) berbagi foto di media sosial pekan lalu yang menunjukkan apa yang dikatakannya sebagai "gudang amunisi", yang ditinggalkan oleh pasukan Rusia di wilayah tersebut.

Baca juga: Rebut Kembali Desa Dekat Perbatasan Rusia, Ukraina Temukan Ruang Penyiksaan dan Jenazah

"Kami tahu apa yang harus dilakukan dengan mereka dan kami pasti akan menggunakannya untuk tujuan yang dimaksudkan—melawan musuh," kata SBU tentang persediaan itu sebagaimana dilansir Newsweek yang telah menghubungi Kementerian Pertahanan Rusia untuk memberikan komentar.

Anton Gerashchenko, seorang penasihat di Kementerian Dalam Negeri Ukraina, juga bercanda di Twitter pekan lalu bahwa militer Ukraina menerima "pinjaman persediaan" pertama dari Rusia di Izyum, sebuah kota di Kharkiv yang baru-baru ini dibebaskan dari kendali Rusia.

"Tentara Rusia melarikan diri begitu cepat sehingga mereka meninggalkan setengah dari peralatan mereka," tambahnya.

Baca juga: Ukraina Temukan 450 Mayat di Kuburan Massal di Izyum, Rusia: Itu Bohong

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com