Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rebut Kembali Desa Dekat Perbatasan Rusia, Ukraina Temukan Ruang Penyiksaan dan Jenazah

Kompas.com - 19/09/2022, 20:31 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber AP

KOZACHA LOPAN, KOMPAS.com - Pihak berwenang Ukraina mengatakan menemukan penjara darurat di mana pasukan Rusia melecehkan tahanan sebelum pasukan Ukraina mengambil kembali desa Kozacha Lopan, dalam serangan balasan besar-besaran di wilayah Kharkiv bulan ini.

AP dalam laporannya mengatakan ruang bawah tanah yang lembab ditemukan di belakang supermarket lokal, dengan jeruji logam menutup sudut ruangan membentuk sel besar.

Kantong tidur dan selimut kotor menunjukkan tiga tempat tidur di atas lembaran styrofoam untuk isolasi dari lantai tanah yang lembab. Di sudut, dua ember hitam berfungsi sebagai toilet.

Baca juga: Ukraina Temukan 450 Mayat di Kuburan Massal di Izyum, Rusia: Itu Bohong

Presiden Volodymyr Zelensky mengatakan lebih dari 10 "ruang penyiksaan" semacam itu telah ditemukan di wilayah tersebut sejak penarikan tergesa-gesa pasukan Rusia pekan lalu.

Klaim tentang apa yang terjadi di ruangan itu tidak dapat dikonfirmasi secara independen oleh AP yang melaporkan berita ini pada Minggu (18/9/2022).

Kozacha Lopan, yang ujungnya terletak kurang dari dua kilometer dari perbatasan Rusia, direbut kembali oleh pasukan Ukraina pada 11 September.

Dalam sebuah pernyataan yang diunggah pada Sabtu (17/9/2022) di saluran Telegram-nya, Kantor Kejaksaan wilayah Kharkiv, di mana yurisdiksi Kozacha Lopan terletak, mengatakan ruangan yang dilihat oleh wartawan AP digunakan sebagai sel penyiksaan selama pendudukan daerah tersebut.

Dikatakan pasukan Rusia membentuk pasukan polisi lokal yang menjalankan penjara. Dokumen yang mengonfirmasi fungsi departemen kepolisian dan alat-alat penyiksaan tersebut telah disita. Pernyataan itu mengatakan penyelidikan sedang dilakukan.

Gambar yang dirilis jaksa menunjukkan telepon militer Rusia TA-57 dengan kabel tambahan dan klip buaya yang terpasang padanya.

Para pejabat Ukraina menuduh pasukan Rusia menggunakan telepon radio era Soviet sebagai sumber listrik untuk menyetrum para tahanan selama interogasi.

Baca juga: Bertemu Putri Wales, Ibu Negara Ukraina Ungkap Dukungan Ratu Elizabeth untuk Negaranya

Jenazah di perbatasan

Situs pemakaman ditemukan di beberapa daerah di mana pasukan Rusia diusir, terutama di kota Izyum, di mana pejabat Ukraina mengatakan lebih dari 440 kuburan telah ditemukan di dekat pemakaman kota.

Zelensky mengatakan itu berisi mayat orang dewasa dan anak-anak sipil, serta tentara, yang menunjukkan tanda-tanda kematian yang kejam, beberapa mungkin dari penyiksaan.

Vitalii, seorang komandan di Garda Nasional, mengatakan timnya sedang mencari kuburan kemungkinan korban pelecehan di pusat penahanan di Kozacha Lopan. Dia meminta untuk diidentifikasi dengan nama depannya hanya untuk alasan keamanan.

Timnya juga menemukan jenazah di medan perang, tergeletak di ladang pertanian atau di dalam tank yang terbakar.

Tentara Rusia didorong kembali melintasi perbatasan ke Rusia setelah menguasai daerah itu selama berbulan-bulan. Tapi peluru artileri masih berbunyi di udara, ditembakkan dari dalam Rusia dan mendarat di wilayah Ukraina.

Baca juga: 440 Mayat Ditemukan di Kuburan Massal di Izyum Ukraina yang Direbut Kembali dari Rusia

Halaman:
Sumber AP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com