Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

27 Orang Tewas dalam Kecelakaan Bus Karantina Covid, Warga China Marah: Kenapa Dini Hari?

Kompas.com - 19/09/2022, 11:33 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Guardian

BEIJING, KOMPAS.com - Kemarahan berkobar di kalangan pengguna media sosial di China setelah 27 orang tewas ketika sebuah bus yang membawa mereka ke fasilitas karantina Covid-19 mengalami kecelakaan di provinsi barat daya Guizhou.

Dengan jutaan orang China masih dalam pembatasan ketat strategi nol-Covid Beijing, kematian pada dini hari Minggu (18/9/2022) dengan cepat memicu kritik terhadap pemerintah.

Adapun sepanjang pandemi di Guizhou, hanya dua orang yang meninggal karena Covid.

“Bukti apa yang kamu miliki bahwa kamu tidak akan naik bus itu pada malam hari suatu hari nanti?” tulis satu unggahan populer di situs Weibo yang mirip Twitter sebagaimana dilansir Guardian pada Senin (19/9/2022).

Baca juga: WHO Umumkan Kabar Baik: Akhir Pandemi Covid Sudah di Depan Mata

Tanggapan dengan peringkat teratas berbunyi: “Siapa bilang kita tidak naik bus larut malam, kita jelas semua ada di sana. Kita semua berada di bus yang gelap dan menakutkan ini.”

Kecelakaan bus Karantina Covid China dengan cepat menjadi topik trending teratas Weibo pada Minggu (18/9/2022) sore sebelum tiba-tiba menghilang dari 50 topik trending teratas.

Setidaknya beberapa blog yang dibagikan secara luas dan marah tentang topik tersebut dihapus dari WeChat segera setelah publikasi.

Tetapi, beberapa laporan dan komentar pada awalnya tetap ada, meskipun banyak dari yang lebih kritis telah dihapus dari Weibo.

Kecelakaan itu terjadi di jalan raya di pedesaan provinsi Guizhou ketika kendaraan yang membawa 47 orang "terbalik", menurut polisi daerah Sandu dalam sebuah pernyataan di media sosial sebagaimana dilansir Guardian.

Dua puluh orang dirawat karena cedera dan petugas tanggap darurat dikirim ke tempat kejadian di prefektur Qiannan yang terpencil, kata polisi.

Baca juga: Ratusan Mahasiswa China Dipindahkan ke Karantina Ketat Usai Temuan Wabah Covid di Asrama

Foto-foto yang dibagikan secara luas di media sosial pada Minggu (18/9/2022) menunjukkan sebuah bus penumpang berwarna emas, bagian atasnya benar-benar hancur, ditarik oleh sebuah truk.

Foto viral lain muncul menunjukkan bus mengemudi di malam hari, dengan pengemudi dan penumpang mengenakan jas hazmat, yang masih umum dipakai di China untuk melindungi diri dari Covid.

Pemerintah Guizhou kemudian mengonfirmasi pada Minggu (18/9/2022) bahwa kendaraan itu telah "mengangkut orang-orang yang terkait dengan epidemi ke karantina" dari ibu kota provinsi Guiyang, dan bahwa kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 2.40 pagi pada Minggu (18/9/2022).

"Saat ini, pekerjaan penyelamatan di tempat pada dasarnya selesai, perawatan yang terluka dan perawatan setelah meninggal dilakukan secara tertib, dan penyebab kecelakaan sedang diselidiki," kata pemerintah setempat di media sosial.

Tidak jelas apakah penumpang terinfeksi Covid tersebut adalah kontak dekat atau tinggal di gedung yang sama dengan pasien virus.

Baca juga: Pembatasan Covid-19 Kian Ketat, Siswa Hong Kong Makin Sulit

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com