Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Media Singapura: Jokowi Pertimbangkan Dukung Prabowo pada Pilpres 2024

Kompas.com - 18/09/2022, 19:29 WIB
Ericssen,
Irawan Sapto Adhi

Tim Redaksi

SINGAPURA, KOMPAS.com - Bursa Pemilihan Presiden (Pilpres) Indonesia tahun 2024 turut menyita perhatian negara tetangga.

Baru-baru ini surat kabar nasional Singapura, The Straits Times (ST) kembali memberitakan panasnya persaingan yang terjadi jelang pemilihan orang nomor satu di Indonesia dua tahun lagi.

Media terbesar di "Negeri Singa” itu pada Sabtu (17/9/2022) menerbitkan artikel berjudul “Jokowi to decide presidential hopeful he'll endorse, has no plans to run for V-P in 2024: Sources” di situs web mereka.

Baca juga: Bicara ke Media Asing, Jokowi Pertimbangkan Beli Minyak Rusia

Dalam artikel itu, ST menulis bahwa Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan memutuskan calon presiden yang akan dia dukung dalam Pilpres 2024

Nah, dari situ, sumber yang menolak disebutkan namanya memberitahu ST bahwa Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto termasuk di antara mereka yang dipertimbangkan secara serius oleh Jokowi untuk menerima dukungannya.

ST juga memberitakan bahwa Presiden Jokowi tidak berencana untuk mencalonkan diri lagi sebagai presiden.

“Prabowo kemungkinan akan mengumumkan pasangannya pada awal 2023,” ungkap salah satu sumber terpercaya yang meminta namanya tidak disebutkan kepada ST.

Nama-nama dalam daftar pendek atau shortlist Prabowo menurut sumber itu adalah Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang juga Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Muhaimin Iskandar.

Sementara, tidak diketahui kapan Jokowi akan mengumumkan dukungannya untuk pasangan mana pun.

Sejauh ini Prabowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan adalah dua bakal calon yang telah mendeklarasikan pencalonannya.

Baca juga: Harga BBM Naik di Indonesia Disorot Media Asing: Ada Risiko Protes Massal

Anies mendeklarasikan kesiapannya maju sebagai capres ketika diwawancarai Reuters dari Singapura pada pekan ini.

Gubernur berusia 53 tahun itu berada di Singapura menjadi pembicara di seminar yang diselenggarakan Lee Kuan Yew School of Public Policy, National University of Singapore (NUS)

ST melaporkan nama selain Prabowo dan Anies yang juga menjadi favorit maju dalam Pilpres 2024 adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Prabowo disebutkan telah mengamankan tiket capres dengan koalisi yang dibentuk antara partai pimpinannya Gerindra dengan PKB.

Sementara itu Anies dan Ganjar masih bergerilya berburu kapal partai politik yang akan menominasikan mereka.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com