Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Momen 8 Cucu Ratu Elizabeth Menjaga Peti Bersama, dengan Harry Diizinkan Gunakan Seragam Militer

Kompas.com - 18/09/2022, 17:31 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Guardian

LONDON, KOMPAS.com - Delapan cucu Ratu Elizabeth II, termasuk Pangeran William dan Pangeran Harry yang sama-sama mengenakan seragam militer Blues and Royals, berjaga di dekat peti mati mendiang raja.

Upacara konstitusional pada pukul 6 sore menandai pertama kalinya dalam sejarah bahwa cucu seorang raja melakukan Vigil of the Princes.

Putra bungsu Raja Charles, Harry – Duke of Sussex – berdiri di kaki peti mati, dengan William di kepala.

Baca juga: Cerita WNI di Inggris Saat Ratu Elizabeth II Hidup: Seperti Ibu bagi Rakyatnya

Cucu-cucu Ratu Elizabeth II berjaga-jaga di sekitar peti mati Ratu Elizabeth II, terbungkus Standar Kerajaan dengan Mahkota Negara Kekaisaran dan bola dan tongkat kerajaan, tergeletak di catafalque di Westminster Hall, di Istana Westminster di London pada 17 September 2022, menjelang pemakamannya pada Senin.AFP PHOTO/AARON CHOWN Cucu-cucu Ratu Elizabeth II berjaga-jaga di sekitar peti mati Ratu Elizabeth II, terbungkus Standar Kerajaan dengan Mahkota Negara Kekaisaran dan bola dan tongkat kerajaan, tergeletak di catafalque di Westminster Hall, di Istana Westminster di London pada 17 September 2022, menjelang pemakamannya pada Senin.

William diapit oleh sepupunya Zara Tindall dan Peter Phillips, cucu tertua Ratu yang berusia 44 tahun.

Harry bersama Putri Beatrice dan Putri Eugenie. Sementara Lady Louise Windsor dan saudara lelakinya, James, Viscount Severn, yang merupakan cucu bungsu Ratu Elizabeth (14 tahun), di tengah peti mati.

William mengenakan seragam Blues and Royals No 1, selempang dan bintang garter, medali emas, berlian dan platinum jubilee dan lencana sayap pilot Angkatan Udara Kerajaan.

Saudaranya, Duke of Sussex, juga mengenakan seragam Blues and Royals No 1, dengan orde dan bintang Knight Commander of the Royal Victorian Order (KCVO), medali tugas Afghanistan, medali emas, berlian dan platinum jubilee dan lencana sayap pilot tentara.

Mereka semua mengelilingi peti mati Ratu Elizabeth dan menundukkan kepala menghadap jauh dari podium peti mati dalam keheningan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Sky News (@skynews)

Baca juga: Lari ke Peti Mati Ratu Elizabeth II, Seorang Pria Ditangkap

Masyarakat terus berjalan melalui Westminster Hall dan melihat peti mati selama 8 cucu Ratu Elizabeth berjaga.

Mengikuti jejak orang tua mereka pada Jumat (16/2/2022) malam, delapan cucu keluar dari aula bersama yang dipimpin oleh Pangeran Wales.

Earl dan Countess of Wessex (Pangeran Edward dan istri) termasuk di antara anggota keluarga yang menyaksikan dari platform pantau di aula menurut laporan Guardian pada Sabtu (17/9/2022).

Harry telah mengenakan pakaian sipil untuk acara-acara resmi sebelumnya, gelar militernya dilucuti setelah menyerahkan hidup sebagai bangsawan yang bekerja, tetapi dia diberi izin khusus oleh ayahnya, Raja Charles III, untuk mengenakan seragam militer saat berjaga.

Pangeran Inggris William, Pangeran Wales memimpin saudaranya Pangeran Harry dari Inggris, Adipati Sussex, diikuti oleh sepupu mereka Putri Beatrice dari York dari Inggris dan Putri Eugenie dari Inggris dari Inggris, Lady Louise Windsor dari Inggris dan James, Viscount Severn dari Inggris, serta Zara Tindall dan Peter Phillips sebelum berjaga-jaga di sekitar peti mati nenek mereka Ratu Elizabeth II, di Westminster Hall, di Istana Westminster di London pada 17 September 2022, menjelang pemakamannya pada hari Senin. AFP PHOTO/IAN VOGLER Pangeran Inggris William, Pangeran Wales memimpin saudaranya Pangeran Harry dari Inggris, Adipati Sussex, diikuti oleh sepupu mereka Putri Beatrice dari York dari Inggris dan Putri Eugenie dari Inggris dari Inggris, Lady Louise Windsor dari Inggris dan James, Viscount Severn dari Inggris, serta Zara Tindall dan Peter Phillips sebelum berjaga-jaga di sekitar peti mati nenek mereka Ratu Elizabeth II, di Westminster Hall, di Istana Westminster di London pada 17 September 2022, menjelang pemakamannya pada hari Senin.

Baca juga: Ketika Ratu Elizabeth II Datangi Pernikahan Rakyat yang Iseng Mengundangnya...

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com