Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tombol Merah Nuklir Korut akan Ditekan Otomatis jika Kim Jong Un Terbunuh

Kompas.com - 10/09/2022, 15:29 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Politico

PYONGYANG, KOMPAS.com - Korea Utara akan meluncurkan pembalasan nuklir "secara otomatis dan segera" jika Kim Jong Un terbunuh dan tidak mampu menyerang.

Ini jadi menurut undang-undang baru, yang mengkodifikasi untuk pertama kalinya bahwa pemimpin tersebut telah mendelegasikan otoritas serangannya di bawah kondisi yang parah itu.

Dilansir Politico, undang-undang tersebut, yang disahkan oleh parlemen berstempel Kim, juga memungkinkan serangan nuklir pendahuluan.

Baca juga: Korea Selatan Ingin Bahas Reuni Keluarga dengan Korea Utara

Ini dapat dilakukan jika Korut menilai bahwa senjata asing akan segera melesat menuju target strategis atau kepemimpinan negaranya.

Langkah itu diambil ketika diktator itu bersumpah untuk tidak pernah berpisah dengan program nuklir dan rudal yang membutuhkan waktu puluhan tahun untuk dibangun oleh negaranya dan membuat mereka semakin berbahaya dari tahun ke tahun.

Korea Utara "tidak akan pernah menyerahkan senjata nuklir dan sama sekali tidak ada denuklirisasi, dan tidak ada negosiasi dan tidak ada tawar-menawar untuk perdagangan dalam prosesnya," kata Kim pada hari Jumat (9/8/2022), menurut media yang dikelola pemerintah.

Kim, seperti ayahnya sebelumnya, enggan berpisah dengan nuklirnya karena mereka membantu menjaga rezim tetap di tempatnya.

Baca juga: Seberapa Mumpuni Senjata Korea Utara saat Diminta Bantuan Rusia?

Namun pemikirannya adalah Pyongyang hanya akan menggunakan senjata itu jika negara asing pertama kali menyerang Korea Utara, mungkin kombinasi Amerika Serikat, Jepang, dan Korea Selatan.

“Ini menimbulkan pertanyaan serius tentang kemampuan Korea Utara untuk mendapatkan intelijen yang akurat dan apa ambang batas bukti untuk membuat keputusan itu,” kata Jenny Town, seorang rekan senior dan direktur program 38 Utara di Stimson Center.

Langkah Kim kemungkinan sebagai tanggapan atas komentar yang dibuat oleh Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol, yang sebelumnya menyarankan bahwa serangan pendahuluan pada "rantai pembunuhan" di Korea Utara diperlukan saat Pyongyang mempersiapkan serangan.

Baca juga: Bantuan Senjata Apa Saja yang Bisa Diberikan Korea Utara pada Rusia?

Kim saat ini telah memberi tahu dunia bahwa tombol merah mungkin masih bisa ditekan meskipun dia sudah mati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Politico

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com