Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Ratu Elizabeth II Wafat, 2 Pelangi Muncul di Istana Buckingham

Kompas.com - 09/09/2022, 15:59 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber Bloomberg

LONDON, KOMPAS.com - Menjelang Ratu Elizabeth II wafat, pelangi ganda muncul di atas Istana Buckingham ketika masyarakat Inggris berkumpul di luarnya dan menanti kabar dengan harap-harap cemas.

Beberapa di antara ribuan orang di luar gerbang Istana Buckingham di pusat kota London tersebut langsung memotret pelangi yang muncul setelah hujan lebat.

Istana Buckingham mengumumkan bahwa Ratu Elizabeth II meninggal dengan tenang di Kastil Balmoral, Skotlandia, pada Kamis (8/9/2022).

Baca juga: Ratu Elizabeth II Wafat, Pangeran Charles Naik Takhta Jadi Raja Charles III

Peter Barnes (31) direktur kampanye yang bekerja di pusat kota London mengatakan kepada kantor berita PA, "Suasana hati sangat sedih di sini di Istana Buckingham.

"Banyak orang mengomentari pelangi dengan banyak mengambil foto."

Dikutip dari Bloomberg, pelangi terlihat di atas ikon utama seluruh London termasuk Elizabeth Tower di Westminster dan Queen Victoria Memorial.

Ratu Elizabeth II wafat dalam usia 96 tahun pada Kamis (8/9/2022). Dalam foto ini, Ratu Elizabeth II tersenyum di balkon Istana Buckingham setelah menghadiri parade militer Trooping the Color di London, Inggris, Kamis (2/6/2022). Itu adalah hari pertama dari rangkaian empat hari perayaan Platinum Jubilee atau 70 tahun bertakhta.PA/JONATHAN BRADY via AP Ratu Elizabeth II wafat dalam usia 96 tahun pada Kamis (8/9/2022). Dalam foto ini, Ratu Elizabeth II tersenyum di balkon Istana Buckingham setelah menghadiri parade militer Trooping the Color di London, Inggris, Kamis (2/6/2022). Itu adalah hari pertama dari rangkaian empat hari perayaan Platinum Jubilee atau 70 tahun bertakhta.
Seorang perempuan tampak meletakkan karangan bunga pertama di kediaman Ratu di London pusat tepat setelah pukul 5 sore. Selang beberapa saat kemudian, kerumunan di luar Istana Buckingham bertambah menjadi sekitar 1.000 orang.

Helikopter terdengar berputar-putar di atas saat orang-orang menunggu dengan tenang untuk berita tentang Ratu Elizabeth II yang kesehatannya mengkhawatirkan.

Baca juga:

Barnes melanjutkan, "Kerumunan semakin besar jadi saya membayangkan tidak akan lama lagi sampai orang-orang meletakkan bunga.

"Ratu sangat berarti bagi banyak orang tidak hanya di sini di Inggris tetapi di seluruh dunia.

"Dunia kehilangan benteng stabilitas dan martabat yang menempatkan negara dan tugas di atas segalanya," lanjut Barnes.

 

Setelah Ratu Elizabeth II wafat, situs resmi keluarga Kerajaan Inggris memuat pesan "Ratu Elizabeth II 1926 - 2022" bersama pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh Istana Buckingham.

Baca juga: BREAKING NEWS: Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia

Berita video "Ratu Elizabeth II Wafat, Apa Gambar Koin dan Uang Kertas Inggris akan Diganti?" dapat disimak di bawah ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com