Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungi Indonesia dan Jepang Anggota DPR AS Singgung Kolaborasi Keamanan Indo-Pasifik

Kompas.com - 08/09/2022, 10:05 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Rilis

SEATTLE, KOMPAS.com – Anggota DPR Amerika Serikat (AS) Adam Smith mengatakan kolaborasi berkelanjutan dengan Indonesia dan Jepang sangat penting untuk mengamankan Indo-Pasifik yang bebas, terbuka, dan damai.

Hal itu disampaikan Ketua Komite Angkatan Bersenjata DPR AS Adam Smith setelah menyelesaikan kunjungan delegasi kongres bipartisan, yang dipimpinnya ke negara sekutu dan mitra AS, yaitu Jepang dan Indonesia.

“Bertemu dengan mitra-mitra di Jepang dan Indonesia memperkuat keyakinan saya bahwa kolaborasi berkelanjutan dengan kedua negara tersebut sangat penting untuk mengamankan Indo-Pasifik yang bebas, terbuka, dan damai,” katanya setelah melakukan pertemuan tingkat tinggi dengan para pejabat terkait tantangan keamanan nasional di kawasan Indo-Pasifik.

Baca juga: Simpan Banyak Rahasia AS dan Asing, Rumah Mar-a-Lago Trump Diyakini Jadi Magnet Mata-mata

Menurutnya, jaringan sekutu dan mitra Amerika yang luas tetap menjadi pilar keamanan nasional AS, sebab “tidak ada dari kita yang dapat menghadapi tantangan pertahanan saat ini sendirian.”

“Jepang dan Indonesia adalah dua negara demokrasi dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia, dan kemitraan mendalam kami mencerminkan kenyataan bahwa diplomasi – investasi dalam aliansi jangka panjang, kemitraan baru, dan organisasi multilateral di kawasan – dapat berhasil.”

“Ketika diktator seperti Putin mencoba, dan gagal, untuk memaksakan sikap otoritarianisme mereka di negara-negara bebas dan berdaulat, Amerika Serikat dan mitra memimpin dengan memberi contoh.”

Bersama-sama, kata dia, AS, Indonesia, dan Jepang dapat menunjukkan kepada dunia bahwa semua lebih aman, lebih sejahtera, dan lebih tentram ketika negara-negara bekerja sama untuk menegakkan tatanan berbasis aturan.

Baca juga: Persaingan Semikonduktor: AS Larang Perusahaan Teknologi Canggih Bangun Pabrik di China

Delegasi AS memulai kunjungan ke Tokyo, Jepang, dan tak lama setelah mendarat, delegasi melakukan perjalanan ke Yokosuka untuk tur ke Naval Station dan ke Kumamoto dalam rangka mengamati latihan bersama di Camp Kengun.

Anggota delegasi kembali ke Tokyo untuk bertemu dengan berbagai eksekutif bisnis Jepang dan anggota Parlemen Jepang, serta dengan Kepala Pasukan Bela Diri Jepang dan Menteri Pertahanan.

Mereka mengakhiri kunjungan dengan bertemu para pemimpin senior di Kementerian Luar Negeri.

Delegasi kemudian melakukan perjalanan ke Jakarta, untuk bertemu dengan Menteri Pertahanan dan para pemimpin dari Kementerian Luar Negeri dan dewan legislatif Indonesia.

Kemudian di Sentul, delegasi berkeliling ke Pusat Operasi Misi Pemeliharaan Perdamaian PBB dan kemudian bertemu dengan Panglima TNI serta pasukan AS yang memimpin latihan baru-baru ini dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Rombongan menyelesaikan kunjungan di Jakarta dengan mengunjungi Masjid Istiqlal dan bertemu dengan Imam Besar.

Baca juga: AS Diduga Retas Data Kampus Terkemuka, China Mengecam Habis-habisan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com