Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Bencana Nuklir, PBB Desak Rusia-Ukraina Setujui Batas Demiliterisasi PLTN Zaporizhzhia

Kompas.com - 07/09/2022, 07:03 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP,Reuters

JENEWA, KOMPAS.com - Sekjen Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres mendesak Rusia dan Ukraina pada Selasa (6/9/2022) untuk menyetujui batas demiliterisasi di sekitar PLTN Zaporozhzhia yang dikuasai Rusia di Ukraina.

"Sebagai langkah pertama, pasukan Rusia dan Ukraina harus berkomitmen untuk tidak terlibat dalam aktivitas militer apa pun menuju lokasi pabrik atau dari lokasi pabrik," kata Guterres kepada Dewan Keamanan PBB.

“Sebagai langkah kedua, kesepakatan tentang perimeter demiliterisasi harus diamankan. Secara khusus, itu perlu mencakup komitmen pasukan Rusia untuk menarik semua personel dan peralatan militer dari perimeter tersebut dan komitmen pasukan Ukraina untuk tidak bergerak ke dalamnya,” kata dia, dikutip dari Kantor berita Reuters.

Baca juga: PLTN Zaporizhzhia Kembali Terputus dari Saluran Listrik Utama

Badan Energi Atom Internasional (IAEA) pada Selasa juga menyerukan pemberlakuan zona keamanan di sekitar PLTN Zaporizhzhia.

IAEA mengatakan para ahlinya telah menemukan kerusakan yang luas di pabrik di bagian depan dalam perang.

Pasukan Rusia telah menguasai PLTN itu pada bulan Maret dan telah terjadi serangan berulang di sekitarnya, memicu kekhawatiran akan bencana nuklir.

"Situasi saat ini tidak dapat dipertahankan," kata IAEA dalam sebuah laporan setelah mengirim inspektur ke PLTN Zaporizhzhia pekan lalu.

"Ada kebutuhan mendesak akan tindakan sementara untuk mencegah kecelakaan nuklir. Ini dapat dicapai dengan segera membentuk zona perlindungan keselamatan dan keamanan nuklir," tambah IAEA, dikutip dari Kantor berita AFP.

Baca juga: Rusia Sebut Pasukan Ukraina Coba Rebut PLTN Zaporizhzhia

Ukraina dan Rusia saling menyalahkan

Di pertemuan PBB pada Selasa, Rusia mengungkapkan penyesalan bahwa laporan IAEA tidak menyalahkan Ukraina atas serangan itu.

"Kami memahami posisi Anda sebagai regulator internasional, tetapi dalam situasi saat ini sangat penting untuk menyebut sesuatu dengan nama mereka," kata utusan Rusia Vassily Nebenzia kepada sesi Dewan Keamanan PBB yang dihadiri secara virtual oleh kepala IAEA Rafael Grossi.

Rusia dan Ukraina saling menyalahkan atas penembakan PLTN tersebut, yang terjadi lagi pada Selasa meskipun ada rekomendasi dari pengawas.

"Jika provokasi oleh rezim Kyiv berlanjut, tidak ada jaminan bahwa tidak akan ada konsekuensi serius, dan tanggung jawab untuk itu sepenuhnya berada di tangan Kyiv dan pendukung Baratnya serta semua anggota Dewan Keamanan lainnya," kata Nebenzia.

Sementara itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyambut baik fakta bahwa laporan tersebut mencatat pendudukan militer Rusia di pabrik tersebut.

Dia mengatakan bahwa jika zona keamanan yang diusulkan ditujukan untuk demiliterisasi wilayah PLTN Zaporizhzhia, maka Ukraina dapat mendukungnya.

Baca juga: Pengawas Nuklir PBB Tiba di PLTN Zaporizhzhia

Agung Wisnu Nugroho Saluran Listrik PLTN Zaporizhzhia Terputus

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com