Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hubungan AS-Iran Menegang, Dua Pesawat Pembom B-52 Bertenaga Nuklir AS Dikirim ke Timur Tengah

Kompas.com - 06/09/2022, 18:03 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Daily Mail

TEHERAN, KOMPAS.com - Militer Amerika Serikat menerbangkan sepasang pembom jarak jauh B-52 bertenaga nuklir di atas Timur Tengah, sebagai unjuk kekuatan ketika ketegangan di kawasan itu tetap tinggi antara Washington dan Teheran.

Dua pesawat pengebom strategis itu lepas landas dari pangkalan Angkatan Udara Kerajaan Inggris di Fairford dan terbang di atas Mediterania timur, Semenanjung Arab dan Laut Merah pada Minggu (4/9/2022).

Pengiriman itu dilaporkan dilakukan sebagai misi pelatihan bersama dengan pesawat tempur Kuwait dan Saudi, sebelum meninggalkan wilayah tersebut.

Baca juga: Iran Kembali Tangkap Kapal Drone AS, Insiden Kedua dalam Seminggu

Letnan Jenderal Alexus Grynkewich, perwira tinggi angkatan udara AS di Timur Tengah, mengatakan dalam sebuah pernyataan: “Ancaman terhadap AS dan mitra kami tidak akan dibiarkan.”

“Misi seperti ini... menunjukkan kemampuan kita untuk menggabungkan kekuatan untuk menghalangi dan, jika perlu, mengalahkan musuh kita,” katanya sebagaimana dilansir Daily Mail pada Senin (5/9/2022).

Itu terjadi ketika negosiator AS dan Iran telah berusaha untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir 2015.

Tetapi ketegangan antara negara-negara telah mencapai puncaknya, setelah Washington mengatakan bahwa posisi negosiasi terbaru Iran 'tidak konstruktif'.

Meskipun Komando Pusat militer AS tidak menyebutkan Iran dalam pernyataannya, Washington telah sering mengirim pesawat pengebom B-52 ke wilayah tersebut saat permusuhan membara antara AS dan Iran.

Langkah serupa seperti itu terakhir terjadi pada Juni.

Baca juga: Kapal Drone Angkatan Laut AS Ditangkap Iran, AS Langsung Kerahkan Armada ke Teluk

Keputusan mantan presiden AS Donald Trump, untuk menarik AS dari kesepakatan nuklir penting antara Teheran dengan kekuatan dunia, memicu peningkatan serangkaian insiden di kawasan itu.

Bahkan ketika para diplomat sedang berdebat tentang kemungkinan kebangkitan kembalinya perjanjian nuklir 2015, angkatan laut Iran menyita dua drone laut AS di Laut Merah pekan lalu.

Penangkapan itu terjadi hanya beberapa hari setelah Garda Revolusi paramiliter negara itu menarik drone laut lain sebelum melepaskannya saat kapal perang Amerika membuntutinya.

Angkatan Laut AS telah mengerahkan drone pengintai udara dengan antena ultra-daya untuk memantau ancaman di perairan penting, yang telah menyaksikan serangkaian serangan maritim.

Ketegangan juga tetap tinggi setelah konfrontasi baru-baru ini antara pasukan AS dan milisi yang didukung Iran di wilayah tersebut.

Foto yang dirilis oleh Angkatan Udara AS ini, menunjukkan B-52H Stratofortress yang ditugaskan di Sayap Bom ke-5, Pangkalan Angkatan Udara Minot, Dakota Utara, mendekati Extender KC-10 untuk pengisian bahan bakar di Timur Tengah pada Minggu, 4 September 2022 Militer Amerika Serikat mengatakan Senin bahwa mereka menerbangkan sepasang pembom jarak jauh B-52 berkemampuan nuklir di atas Timur Tengah dalam unjuk kekuatan, misi terbaru di kawasan itu karena ketegangan tetap tinggi antara Washington dan Teheran.US AIR FORCE via AP PHOTO Foto yang dirilis oleh Angkatan Udara AS ini, menunjukkan B-52H Stratofortress yang ditugaskan di Sayap Bom ke-5, Pangkalan Angkatan Udara Minot, Dakota Utara, mendekati Extender KC-10 untuk pengisian bahan bakar di Timur Tengah pada Minggu, 4 September 2022 Militer Amerika Serikat mengatakan Senin bahwa mereka menerbangkan sepasang pembom jarak jauh B-52 berkemampuan nuklir di atas Timur Tengah dalam unjuk kekuatan, misi terbaru di kawasan itu karena ketegangan tetap tinggi antara Washington dan Teheran.

Baca juga: AS Sebut Ada Peran Drone Iran yang Ikut Bantu Rusia Serang Ukraina

Washington bulan lalu melakukan serangan udara di Suriah timur, yang menargetkan daerah-daerah yang digunakan oleh milisi dukungan Garda Revolusi Iran, yang memicu tanggapan dari para pejuang yang didukung Iran.

Negosiator AS dan Iran di Wina telah berusaha untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir 2015, yang memberlakukan batasan tajam pada program atom Iran dengan imbalan keringanan sanksi internasional.

Pekan lalu, departemen luar negeri AS menggambarkan posisi negosiasi terbaru Iran sebagai 'tidak konstruktif'.

Sementara itu, Iran sekarang memperkaya uranium hingga kemurnian 60 persen - tingkat yang belum pernah dicapai sebelumnya yang merupakan langkah teknis singkat untuk mencapai 90 persen.

Iran telah lama mempertahankan bahwa programnya damai, tapi para ahli non-profilisasi memperingatkan Teheran memiliki cukup uranium yang diperkaya 60 persen untuk diproses ulang menjadi bahan bakar untuk setidaknya satu bom nuklir.

Baca juga: Jenderal dari Garda Revolusi Iran Dilaporkan Tewas di Dalam Misis Suriah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com