Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Fransiskus Mengangkat 20 Kardinal Baru yang Dapat Memilih Penggantinya Kelak

Kompas.com - 28/08/2022, 13:02 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Guardian

VATICAN, KOMPAS.com - Paus Fransiskus mengangkat 20 kardinal baru, yang dipilih dari empat penjuru dunia, sebagian besar dari mereka suatu hari nanti bisa memilih pengganti paus.

Pemimpin Gereja Katolik Roma itu sempat menyinggung kemungkinan untuk mengambil pensiun karena kesehatannya yang menurun, sebuah langkah yang diambil oleh pendahulunya, Benediktus XVI.

Jika dia melakukannya, sebuah konklaf yang melibatkan semua kardinal yang berusia di bawah 80 tahun akan dipanggil untuk memilih seorang pengganti.

Baca juga: Paus Fransiskus Minta Diundang ke Korea Utara

Guardian mewartakan, enam belas dari 20 kardinal yang diangkat pada Sabtu (27/8/2022), akan memenuhi syarat untuk konklaf tersebut berdasarkan usia mereka.

Upacara di Basilika Santo Petrus ini adalah yang kedelapan kalinya, bagi Paus berusia 85 tahun ini, sejak terpilih pada 2013.

Mereka yang terpilih termasuk para imam yang dikenal karena karya pastoral mereka dan, dalam beberapa kasus, memiliki pandangan progresif.

Semua bagian dunia diwakili, termasuk antara lain kardinal baru dari Brazil dan Nigeria, Singapura dan Timor Leste.

Setelah akhir pekan ini, Paus ke-266 ini akan memilih 83 dari 132 kardinal yang saat ini memenuhi syarat untuk memilih paus baru.

Jumlah Itu hampir dua pertiga dari total dan persentase yang tepat, yang dibutuhkan untuk setiap nama yang diusulkan untuk lulus.

Baca juga: Paus Fransiskus Hentikan Penyelidikan Dugaan Kekerasan Seksual Keuskupan Kanada

Dalam beberapa bulan terakhir, paus terpaksa bergantung pada kursi roda karena sakit lutut, yang menurutnya tidak dapat dioperasi.

Dia juga menderita linu panggul, suatu kondisi saraf kronis yang menyebabkan rasa sakit di pinggulnya.

Para kardinal baru selalu diteliti oleh pengamat Vatikan, untuk mendapatkan petunjuk tentang arah masa depan Gereja dan 1,3 miliar umatnya.

Namun, para ahli mengingatkan bahwa para kardinal yang ditunjuk oleh satu paus tidak harus memilih pengganti yang serupa dengannya.

Tahun ini Paus Fransiskus telah menyelesaikan perombakan besar-besaran terhadap badan pemerintahan Vatikan yang berkuasa, Kuria Romawi, yang menjadikan kemenangan petobat baru sebagai prioritas.

Fransiskus telah memilih dua orang Afrika dan lima orang Asia, termasuk dua kardinal yang berasal dari India. Hal ini dilihat sesuai dengan fokusnya untuk membuat gereja lebih inklusif, transparan dan responsif terhadap kebutuhan orang miskin dan terpinggirkan.

Baca juga: Paus Fransiskus Buka-bukaan Soal Kemungkinan Pensiun, Ini Pertimbangannya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com