Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bom Mobil di Moskwa Tewaskan Darya Dugina Putri Sekutu Dekat Putin, Siapa Dia?

Kompas.com - 22/08/2022, 14:34 WIB
BBC News Indonesia,
Aditya Jaya Iswara

Tim Redaksi

MOSKWA, KOMPAS.com - Putri dari Alexander Dugin, sekutu dekat Presiden Rusia Vladimir Putin meninggal dunia dalam serangan bom di jalan raya dekat Moskwa.

Darya Dugina meninggal setelah mobil yang dikendarainya meledak saat dia menuju rumahnya, kata ketua badan investigasi Rusia.

Diyakini bahwa ayahnya, filsuf Rusia Alexander Dugin, yang juga dikenal sebagai “otak Putin” kemungkinan target utama serangan tersebut.

Baca juga: Insiden Bom Mobil di Moskwa Diklaim Terkait dengan Upaya Penggulingan Rezim Putin

Dugin adalah seorang tokoh dengan ideologi ultra-nasionalis yang penting dan dipercaya sangat dekat dengan presiden Rusia.

Alezander Dugin dan putrinya diundang menjadi tamu kehormatan sebuah festival yang diadakan di dekat Moskwa, tempat filsuf ini kerap menjadi pengajar.

Alexander Dugin, kerap disebut sebagai 'Rasputin-nya Putin'.BBC INDONESIA Alexander Dugin, kerap disebut sebagai 'Rasputin-nya Putin'.
Festival “Tradisi”, begitu acara itu disebut, adalah festival keluarga untuk kalangan pencinta seni yang digelar di gedung Zakharovo, di mana penyair Alexander Pushkin pernah tinggal.

Ayah-anak ini dijadwalkan pulang ke kediaman mereka dari acara ini pada Sabtu malam dengan mobil yang sama, sebelum Alexander Dugin memutuskan untuk pisah mobil di saat terakhir.

Potongan video yang beredar di Telegram menunjukkan Alexander Dugin memandang dengan syok saat tim gawat darurat tiba di lokasi mobil yang terbakar hebat.

BBC belum berhasil memverifikasi potongan video tersebut secara independen.

Tim investigator mengonfirmasi Darya Dugina meninggal dunia di lokasi kejadian, di Desa Bolshiye Vyazemy.

Mereka berkata, bom telah meledak sebelum mobil itu terbakar. Saat ini, tim forensik dan ahli bahan peledak masih melakukan investigasi.

Baca juga:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com