Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Klip Lagu Janet Jackson Selalu Buat Laptop Mogok, Microsoft Coba Pecahkan Misterinya

Kompas.com - 21/08/2022, 12:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Sky News

KOMPAS.com - Video musik untuk hit Janet Jackson tahun 1989 Rhythm Nation adalah sensasi dalam hal koreografi dan arah.

Gayanya yang noir dan berkabut memenangkan banyak penghargaan, termasuk Penghargaan Grammy untuk Video Musik Bentuk Panjang Terbaik.

Dilansir Sky News, video pop dystopian ini juga memiliki hal lain untuk membuat laptop mogok, menurut Microsoft, dan ini bukan hanya laptop yang sedang diputar.

Baca juga: Microsoft: Rusia Makin Tingkatkan Spionase Dunia Maya, Sasar 42 Negara

Dalam posting blog minggu ini, insinyur perangkat lunak utama perusahaan, Raymond Chen, mengatakan seorang rekan baru-baru ini berbagi cerita dengan dia dari hari-hari memberikan dukungan produk untuk Windows XP.

"Produsen komputer besar menemukan bahwa memutar video musik untuk 'Rhythm Nation' Janet Jackson akan merusak model laptop tertentu," tulis Chen.

Bukan hanya pabrikan ini. Penyelidikan menemukan bahwa memutar video musik juga menyebabkan beberapa laptop pesaing mereka mogok.

Bahkan tidak harus laptop tempat video musik diputar. Memutar video musik di satu laptop saja dapat menyebabkan laptop lain di dekatnya mogok.

"Ternyata lagu tersebut mengandung salah satu frekuensi resonansi alami untuk model hard drive laptop 5400 rpm yang mereka dan produsen lain gunakan," jelas Chen.

Isunya, hal ini mirip dengan penyanyi opera yang bisa memecahkan gelas dengan menyanyikan nada tertentu.

Baca juga: Microsoft dan Kiprah Besarnya Merevolusi Teknologi

Karena suara hanyalah gelombang akustik, ada panjang gelombang atau frekuensi untuk setiap bahan yang dapat menciptakan getaran paling banyak, yang dikenal sebagai frekuensi resonansi medium.

Untuk laptop yang terpengaruh, yang dikirim sekitar tahun 2005, menurut laporan kerentanan yang diajukan oleh The Mitre Corporatin, frekuensi itu ada di video musik Janet Jackson.

Mitre menggambarkan masalah ini sebagai kerentanan keamanan yang memungkinkan penyerang memaksa sistem untuk mogok menggunakan sinyal audio dari video musik Rhythm Nation.

Baca juga: Saat 2.910 Laptop di Indiana Ditata Berjajar Lalu Digulingkan Seperti Domino...

Untungnya laptop hari ini tidak akan mengalami masalah yang sama.

Microsoft mengatakan pabrikan menambahkan "filter khusus di saluran audio yang mendeteksi dan menghapus frekuensi yang menyinggung selama pemutaran audio".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com